MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Sawah di Sei Penggantungan Panai Hilir Terancam Gagal Akibat Law Wereng dan Keong Mas

Harian 9 author photo



PANAI HILIR| H9
Satu-satunya saat ini di Kabupaten Labuhanbatu, untuk menjadikan lumbung padi adalah pertanian sawah padi di Desa Sei.Penggantungan Kecamatan Panai Hilir.

Menurut penjelasan Kepala Desa Sei.Penggantungan Sapon Rinaldi Tamba melalui perbincangan dengan awak media Harian9 , Senin (07/01/19) mengatakan bahwa, Luas sawah padi saat ini ada sekitar 6.000 hektare namun belum bisa dimanfaatkan untuk turun tanam dua kali setahun, sebab irigasi belum berfungsi dengan baik dan memiliki 16 Kelompok Tani. 


" Saat ini diakuinya beberapa petani banyak yang mengeluhkan kurangnya perhatian dari Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu, namun sebenarnya Pihak Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu cukup respon terhadap petani, ini terbukti dengan menyalurkan bibit secara gratis dan obat-obatan serta.pupuk walaupun masih tidak terpenuhi seluruh kebutuhan petani", jelas Sapon. 


" Saat ini petani resah akibat penyakit padi Law wereng dan keong mas,memang kalau penyakit ini tidak dibasmi secara tuntas dan cepat mengatasinya tidak tertutup kemungkinannya sawah padi ini akan menjadi Fuso atau gagal, oleh karenanya masyarakat disana mengharapkan bantuan Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu, untuk segera turun kelapangan untuk membasmi penyakit Law wereng dan keong mas ini", sebut Sapon. (Thn9)
Komentar Anda

Berita Terkini