Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Paluta Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi

Harian 9 author photo
KPU Paluta buka pendaftaran untuk Relawan Demokrasi Pemilu 2019. (AKHIR S RAMBE)



PALUTA| H9
Untuk meningkatkan pelaksanaan sosialisasi tentang Pemilu 2019 dan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) membuka pendaftaran rekrutmen anggota Relawan Demokrasi (Relasi).

Sesuai dengan surat pengumuman KPU Kabupaten Paluta nomor : 16/PP.02.1-SD/KPU-Kab/I/2019 tentang pembentukan relawan demokrasi dalam Pemilu 2019, KPU Paluta akan merekrut 55 orang anggota Relasi yang akan bertugas di 12 kecamatan wilayah Paluta.

"Pendaftaran Relawan Demokrasi sudah kami buka mulai tanggal 10 Januari, dan akan ditutup pada 14 Januari mendatang. Ada 55 orang yang akan direkruti dengan tujuan untuk menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," jelas ketua KPU Paluta Ongkusyah Harahap melalui komisioner Kordiv Sosdiklih, SDM dan Parmas Muhammad Nafsir Rambe SPd, Jumat (11/1).

Katanya, 55 orang anggota Relasi tersebut mewakili 11 basis pemilih diantaranya basis keluarga, keagamaan, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih penyandang disabilitas, berkebutuhan khusus, perempuan, kaum marjinal, komunitas, netizen (warganet) dan relawan demokrasi.

Dijelaskannya, perekrutan Relasi ini merupakan salah satu upaya KPU untuk meningkatkan kualitas proses Pemilu dengan meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses Demokrasi serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019.
“Relawan demokrasi nantinya akan menjadi salah satu leading sector gerakan sosial yang bisa meningkatkan kualitas proses demokrasi serta meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih,” katanya.

Menurut Nafsir, adapun persyaratan relawan demokrasi diantaranya WNI, berusia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SLTA/sederajat, berdomisili di wilayah setempat (Paluta) dalam artian setiap kecamatan harus ada perwakilan, non partisan (parpol) sekurang-kurang 5 tahun terakhir, memiliki komitmen menjadi relawan Pemili, terdaftar sebagai pemilih, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, bertanggung jawab dan berakhlak baik, bukan bagian dari penyelenggara Pemilu, memiliki pengalaman dalam kegiatan penyuluhan atau aktif dalam Ormas/kemahasiswaan dan membuat karya tulis maksimal 2 lembar kertas A4 berisi motivasi mendaftar dan rencana program apa saja yang ditawarkan.

Selain itu, persyaratan tersebut diatas harus dibuktikan dengan melampirkan sejumlah dokumen atau berkas yang dibutuhkan.

“Bagi warga Paluta yang berminat dapat mengunduh formulir pendaftaran dan ketentuan lainnya di website kami yakni www.kpu-padanglawasutarakab.go.id atau bisa langsung datang ke kantor KPU Paluta,” pungkasnya. (Asr9)
Komentar Anda

Berita Terkini