Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Untuk Tingkatkan Daya Saing Global Indonesia 2019 Perlu Sinergi Pemerintah dan Dunia Usaha

Harian 9 author photo

JAKARTA| H9
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution menerangkan perlunya sinergi pemerintah dan dunia usaha untuk meningkatkan daya saing Indonesia di tengah dinamika perekonomian global memasuki tahun 2019. 

Pemerintah akan mengoptimalkan peran teknologi dalam perkembangan perekonomian nasional.

“Sinergi tersebut menjadi kunci agar kebijakan yang dikeluarkan pemerintah lebih optimal dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha. Dengan begitu, implementasinya menjadi lebih tepat sasaran,” katanya dalam talkshow Outlook Perekonomian Indonesia 2019 bertajuk “Meningkatkan Daya Saing untuk Mendorong Ekspor," Selasa (08/01) di Jakarta.

Melalui peningkatan investasi, lanjutnya, struktur ekonomi diharapkan lebih produktif dan efisien, serta memiliki kapasitas produksi, teknologi, dan tenaga kerja dengan kemampuan yang tinggi.

Selain investasi, peningkatan ekspor berbasis non-komoditas bernilai tambah tinggi dan industrialisasi produk-produk prioritas berdaya saing global juga terus diupayakan untuk meningkatkan nilai tambah dan menciptakan lapangan kerja baru. 

Sektor-sektor yang diharapkan menjadi pendorong ekspor Indonesia yaitu lima sektor unggulan yang ada di roadmap IR 4.0 (industri kimia, industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT), industri elektronik, industri otomotif dan industri makanan-minuman) dan sektor lainnya yaitu industri perikanan, industri permesinan, peralatan kesehatan, furnitur, produk kayu dan kertas serta sepeda. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar

Menko Perekonomian, Darmin Nasution menerangkan perlunya sinergi pemerintah dan dunia usaha untuk meningkatkan daya saing Indonesia di tengah dinamika perekonomian global memasuki tahun 2019. (Foto: kemenkeu)


Komentar Anda

Berita Terkini