MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Zaimah : Januari 2019 Sudah Tercatat 41 Dugaan Pelanggaran Pemasangan APK

harian9.com author photo



ACEH TAMIANG| H9 
Alat Peraga Kampanye (APK) semakin banyak terpasang, namun peraturan pemasangannya seolah bukan sebuah kewajiban. Pohon-pohon mulai menderita dengan tusukan paku dan ikatan tali, tiang listrik, tiang telkom turut menjadi sasaran, bahkan nyaris pagar surau juga dilibatkan untuk pemasangan kebutuhan pesta demokrasi. Pantauan dilapangan, diduga kuat Pengawas Pemilu belum melakukan aksinya. Senin (28/1/2019).

Terkait hal tersebut, para Wartawan menemui Zaimah Ketua Panitia Pengawas Kecamatan Karang Baru dan disampaikannya,"di wilayah kami terdapat 31 Kampung yang dikawal oleh para PPK (Panitia Pengawas Kampung) dan mereka melaporkan dugaan Pelanggaran ke kecamatan", jelasnya.

"Dari Kecamatan semua laporan setiap tanggal 15 dikirim ke Panwas Kabupaten dan menunggu arahan selanjutnya. Zaimah menambahkan,"kami memang tidak pernah merangkum jumlah dugaan kesalahan Pemasangan APK pada tahun 2018, namun di januari 2019 sudah terlapor sekitar 41 dugaan pelanggaran", terangnya.


"Padahal jelas dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 23 tahun 2018 telah diatur dengan jelas larangan pemasangan APK, diantaranya di jalan protokol, sekolah, rumah ibadah, rumah sakit, kantor Pemerintahan dan lainnya. 


Zaimah juga menambahkan," sehubungan dengan adanya dugaan pelanggaran pemasangan APK di Kampung Alur Baung, yang terpasang di pagar surau (rumah ibadah umat Muslim), hal tersebut akan segera ditindaklanjuti dan secepatnya untuk ditinjau kelokasi, yang selanjutnya dilaporkan ke Kabupaten", tegasnya.

Hadir bersama Zaimah saat para Wartawan melakukan konfirmasi, komisioner lainnnya yaitu Fauzan dan Irwansyah. (Dani9)
Komentar Anda

Berita Terkini