MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Budayakan Penanaman Lavender Kodim 0824 Perangi Ancaman DBD

harian9.com author photo



JEMBER| H9
Penyakir demam berdarah dengue (DBD) menjadi ancaman tersendiri pada musim penghujanb seperti sekarang ini, bahkan Provinsi Jawa Timur menempati urutan teratas sebagai daerah tertinggi masyarakat yang terjangkit demam berdarah, penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti tersebut perlu penyikapan dari berbagai pihak termasuk Kodim 0824 yang giat membantu langkah-langkah pemberantasan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Personel Kodim 0824 Jember pada usai apel pagi tadi Rabu 06/02/2019 Pukul 07.30 Wib sejenak melaksanakanpembersihan dan perawatan tanaman dipimpin oleh Kepala Staf Kodim 0824 (Kasdim 0824) Mayor Inf Sampak termasuk penanaman bunga lavender di taman-taman halaman Markas Kodim 0824.

Menurut Mayor Inf Sampak kegiatan seperti ini memang sudah sering disampaikan oleh Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar agar anggota selalu waspada dan membantu memerangi penyakit demam berdarah yang sudah mulai mewabah, meskipun Jember belum masuk kategori Kondisi Luar Biasa (KLB) kita harus aktif membantu pencegahan.

Bahkan menurut Komandan Kodim 0824 tidak cukup hanya dengan 3 M (menguras, menutup dan mngubur) kemudian Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan pengecekkan bak-bak penampingan air di rumah-rumah, pembersihan dan lain-lain saja tetapi harus ada kesadaran dari masing-masing individu untuk membiasakan upaya-upaya tersebut, sehingga menjadi budaya di masyarakat untuk membiasakan hidup lebih sehat dan bersih.

Bahkan Mayor Inf Sampak menyampaikan bahwa Babinsa disamping membudayakan penanaman bunga lavender ini untuk Markas Koramil maupun dirumahnya sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk membudayakan penanaman bunga lavender tersebut.

Karena disamping murah, memperindah lingkungan, baunya juga harum ternyata sangat efektif mengusir nyamuk termasuk nyamuk aedes aegypti sebagai penyebab penyakit DBD terebut.

Pada kondisi seperti ini dimana penyakit DBD sedang marak menyerang masyarakat Kodim 0824 sangat peduli sekali untuk melakukan upaya-upaya pencegahan bersama aparat terkait diwilayah jajarannya baik dengan Puskesmas, Posyandu dan lain-lain, Bintara Pembina Desa (Babinsa) aktif memberikan pendampingan PSN, Fogging dan lain-lain, karena masyarakat adalah bagian dari kompartemen pertahanan negara, sehingga kalau masyarakat sehat pertahanan negara akan semakin kuat. Kata Kepala Staf Kodim 0824. (Siswandi)
Komentar Anda

Berita Terkini