Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Cetak Uang Palsu, Warga Aceh Singkil Ditangkap Polsek Sunggal

Harian 9 author photo
Kapolsek Medan Sunggal Kompol Yasir Ahmadi, SH, SIK, MH, Didampingi Kanit Reskrim Iptu Syarief Ginting, SH, MH, Paparkan Kasus Tersangka Pembuat Uang Palsu. (Foto: Joko Hendro)

MEDAN| H9
Seorang pria bernama, Sultoni Puja Kesuma (41) Warga Rimo Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil ditangkap personil Reskrim Polsek Medan Sunggal. 

Berdasarkan informasi, supir travel ini ditangkap karena membuat (mencetak) uang palsu pecahan Rp.100.000, Rp.50.000 dan Rp.20.000.

Kapolsek Medan Sunggal Kompol Yasir Ahmadi, SH, SIK, MH, didampingi Kanit Reskrim Iptu Syarief Ginting, SH, MH, dan Panit I Reskrim Ipda Jefri Simamora, SH, kepada Wartawan dalam paparannya, Senin (11/2/2019) membenarkan adanya penangkapan tersebut.

Dikatakan Kapolsek, ditangkapnya tersangka pada Sabtu (9/2/2019) sore atas informasi masyarakat yang menyebutkan ada seorang pria memiliki uang palsu. Berbekal dari informasi tersebut, personil Reskrim langsung melakukan penyelidikan.

Dan tidak lama kemudian, tersangka Sultoni Puja Kesuma berhasil ditangkap di kawasan Jalan Sisingamangaraja Medan Amplas. 

"Ketika diperiksa, dari sakunya ditemukan 2 lembar uang pecahan Rp.100.000, 2 lembar uang Rp.50.000 dan pecahan Rp.20.000. Saat diinterogasi, tersangka mengaku bahwa uang tersebut  palsu yang dicetaknya sendiri di rumah orang tuanya Jalan T. Amir Hamzah Gang Makmur Kecamatan Binjai menggunakan mesin printer," ungkapnya.

Dari rumah orang tuanya, personil kembali menemukan sejumlah uang palsu.

"Total uang palsu yang kita sita 16 lembar, yaitu 3 lembar uang pecahan Rp.100.000, 11 lembar pecahan Rp.50.000 dan 2 lembar pecahan Rp.20 ribu. Selain itu juga diamankan 1 unit printer merk Cannon MP 287 yang digunakan untuk mencetak uang palsu tersebut," pungkas Kompol Yasir 

Mantan Kapolsek Labuhan Deli ini menerangkan,  berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan, diketahui motif tersangka mencetak uang palsu tersebut hanya iseng. Hal itu dilakukannya untuk menunjukkan kepada sesama teman supir travelnya, jika ia memiliki uang palsu.

Sebelumnya kata Yasir, sekitar seminggu yang lalu Sultoni memang baru membeli satu unit printer di Binjai untuk dibawanya pulang ke Aceh Singkil guna melengkapi perangkat komputer untuk digunakan istri dan anaknya. Namun setelah dibeli, ia tidak langsung membawanya pulang, tapi disimpan di rumah orang tuanya di Binjai.

"Karena tidak ada kegiatan, tersangka Sultoni mengaku iseng mencoba hasil foto copy printer itu dengan membuat sejumlah uang palsu. Kemudian dia membawa 4 lembar uang palsu, hingga akhirnya tertangkap," terang Yasir.

Atas perbuatannya, tersangka Sultoni dikenakan melanggar Pasal 26 Jo Pasal 36 Ayat (1) dan (2) UU RI No. 7 Tahun 2011 tentang mata uang. Karena telah melakukan tindak pidana memalsukan mata uang dan uang kertas negara serta uang kertas bank. (HJ9) 
Editor: Mardan H Siregar












Komentar Anda

Berita Terkini