MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Dandim 0824 Jember Hadiri Peluncuran Buku Letkol dr RM Soebandi

harian9.com author photo



JEMBER| H9
Bertempat di Hall  Edelwies Hotel Cempaka Jember pada Sabtum09/02/2019 Pukul 09.30 Wib dilaksanakan acara mengenang 70 tahun gugurnya dr. RM Soebandi dan pelucuran buku  Letkol dr RM Soebandi Jejak Kepahlawanan Dokter Pejuang, Komandan Kodim 0824 Jember bersama Karumkit TK III Jember hadir mendampingi Kakesdam V/Brw.

Bupati Jember dr Hj Faida MMR mengapresiasi peluncuran buku tersebut disamping dihadiri oleh  Kakesdam V/Brw  Kolonel Ckm dr.Moh Arif Hariyanto, Sp.B yang mewakili Pangdam V/Brw Mayjen TNI Wisnoe PB yang tidak dapat hadir, turut hadir diantaranya Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Arif Munawar, Karumkit TK III Jember (DKT) Letkol Ckm dr.Maksum Pandelima, Sp.OT, para guru sejarah, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jember, Keluarga Besar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) dr. Soiebandi Jember,  Organisasi masyarakat dan lain-lain yang berjumlah sekitar 1000 orang.

Buku ini diharapkan menjadi salah satu rujukan sejarah bagi sekolah-sekolah dan generasi muda saat ini dan jejak perjuangan dokter tentara ini merupakan bukti  sejarah bahwa kemerdekaan Indonesia tidak dengan mudah didapatkan begitu saja, bahkan dr Hj Faida MMR mengibaratkan bahwa kita hidup dijaman sekarang bernaung dibawah pohon yang teduh ini, bukan serta merta namun pohon tersebut dulu ada yang menanam, ada yang menyiram ada yang merawatnya. Kata dr Hj Faida MMR sambil berlinang air matanya.

Labih lanjut dr Hj Faida MMR menyampaikan terima kasih atas kerelaan keluarga dr. RM Soebandi yang namanya dijadikan nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr  Soebandi Jember, nama Sekolah Tinggi Kesehatan dr. Soebandi, nama jalan dan lain-lain yang bertujuan untuk selalu mengenang perjuangannya.

Selanjutnya Kepala Kesehatan Kodam V/Brw (Kakesdam V/Brw) Kolonel Ckm dr.Moh Arif Hariyanto, Sp.B dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf Pangdam V/Brw yang tidak dapat hadir ditengah-tengah kita saat ini karena ada kegiatan dinas yang tidak dapat ditinggalkan sehingga diwakilkan kepada saya.

Pada kesempatan tersebut Kolonel Ckm dr.Moh Arif Hariyanto, Sp.B menyampaikan bahwa kegigihan perjuangan dr. RM Soebandi sebagai dokter tentara saat itu yang berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia disamping kita kenang  sebagai bagian dari sejarah perjuangan, tetapi harus menginspirasi  dokter-dokter maupun generasi bangsa lainnya, sosok beliau juga tercatat sebagai Kepala Rumah Sakit Dinas Kesehatan Tentara (RS DKT) Jember yang pertama.

Bahkan sebagai bagian dari Corp Kedokteran Militer (Ckm) saya berharap kebesaran nama dr. Soebandi ini mampu menarik minat generasi bangsa terutama dari kalangan lulusan kedokteran untuk bergabung bersama kami untuk menjadi dokter militer. Tegas Kolonel Ckm dr.Moh Arif Hariyanto, Sp.B .

Usai kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi menyampaikan terima kasih dengan adanya buku sejarah seperti ini merupakan bagian dari upaya untuk mengabadikan jejak-jejak perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian maka semagat perjuangan para pahlawan termasuk dr. Soebandi ini akan selalu lekat pada masyarakat untuk menyadari bahwa Kemerdekaan Indonesia ini diraih atas jerih perjuangan para pahlawan tersebut, sehingga meningkatkan rasa cinta tanah air dan bela negara ktia semua sebagai pewaris perjuangannya. Kata Komandan Kodim 0824. (Siswandi)
Komentar Anda

Berita Terkini