MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Kecamatan Padang Bolak Adakan Musrembang RKPD Untuk Tahun 2020

harian9 author photo
Kepala Dinas Pendidikan Eva Sartika Siregar saat menyampaikan sejumlah program dan menjawab pertanyaan peserta pada kegiatan Musrembang RKPD Paluta tahun 2020 tingkat kecamatan Padang Bolak di desa Padang Garugur, kecamatan Padang Bolak, Rabu (13/2) (AKHIR S RAMBE)


PALUTA| H9
Untuk mewujudkan visi misi kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yakni bersama mewujudkan kabupaten Paluta yang Beriman, Cerdas, Maju dan Beradat, pemerintah kecamatan Padang Bolak melibatkan peran aktif masyarakat dalam rencana pembangunannya, yang dikukuhkan pada Musyawarah Rencana Pembangunan atau Musrembang rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2020 tingkat kecamatan di desa Padang Garugur, kecamatan Padang Bolak, Rabu (13/2).

Musrembang RKPD tahun 2020 yang mengangkat tema ‘Padang Lawas Utara yang unggul dan melayani’ dibuka oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi yang diwakili oleh Sekretaris daerah H Burhan Harahap SH. Turut hadir sejumlah pimpinan OPD diantaranya Kepala Bappeda Paluta Tongku Palit Hasibuan SE Ak MSi, kepala Dinas Perukim Paluta Makmur Harahap, kepala dinas Pendidikan Paluta Eva Sartika Siregar, camat Padang Bolak Ali Ja’far Harahap, sejumlah perwakilan OPD, kepala desa se kecamatan Padang Bolak beserta BPD dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutan Sekdakab Paluta H Burhan Harahap menyampaikan Musrembang merupakan bagian dari rencana pembangunan yang menjadi prioritas pembangunan di wilayah kecamatan Padang Bolak.
Sebab katanya, keberhasilan pembangunan ke depan bukan karena kegigihan dalam menyiasati kendala yang ada saja, melainkan karena adanya peranan aktif dari masyarakat dalam merumuskan pembangunan tersebut.

“Dengan keikutsertaan semua stakeholder yang ada, akan melahirkan komitmen bersama bagi pemangku kebijakan dalam mencapai tujuan musrenbang yang berkualitas, efektif, efesien, transparan, dan akuntabel,” ucapnya.

Menurutnya pelaksanaan musrenbang di tingkat kecamatan adalah untuk memfasilitasi dan menyampaikan aspirasi masyarakat di tingkat kecamatan, khususnya di Kecamatan Padang Bolak kepada pemkab Paluta.

Untuk itu ia berharap, Musrenbang Kecamatan Padang Bolak ini bisa meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mengeluarkan aspirasinya.

Senada, Camat Padang Bolak Ali Ja’far Harahap menyampaikan Musrembang merupakan agenda tahunan yang wajib diselenggarakan di jajaran pemerintahan dan stakeholder dari tingkat desa hingga tingkat kecamatan yang nanti hasilnya akan dibawa ke Musrembang kabupaten jadi rencana pembangunan khususnya di kecamatan Padang Bolak.

Katanya, Musrembang mengandung maksud untuk mendiskusikan dan menyepakati bersama usulan-usulan prioritas di desa yang ada di kecamatan Padang Bolak.

“Sesuai tema menuju ‘Padang Lawas Utara yang unggul dan melayani’ yang akan dilaksanakan melalui pembangunan dan peningkatan infrastruktur, pengembangan ekonomi serta peningkatan kualitas pelayanan publik,” ujarnya.

Ia mengakui, semua usulan prioritas tidak mungkin akan terjawab dalam waktu singkat mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkab Paluta, oleh karenanya diperlukan kejelian dalam menilai prioritas pembangunan.

Untuk itu, ia berharap peserta melahirkan ide-ide yang cemerlang, kreatif dan inovatif sehingga berdampak pada perubahan dan pencapaian cita-cita yang ideal.

“Hasil akhir Musrembang kecamatan ini akan menjadi bahan masukan dalam penyusunan RKPD tahun 2020 nanti. Karena itu, sampaikan aspirasi yang jadi prioritas untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Pantauan, kegiatan Musrembang kecamatan Padang Bolak diisi dengan penyampaian sejumlah program tahun 2019 oleh kepala Dinas Perukim Paluta Makmur Harahap dan kepala Dinas Pendidikan Paluta Eva Sartika Siregar. Kegiatan juga diisi dengan diskusi antara pihak perwakilan OPD Paluta dan peserta yang hadir untuk penyusunan program prioritas pembangunan di kecamatan Padang Bolak. (Asr9)

Komentar Anda

Berita Terkini