MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

KPU Paluta Terima 957 Boks Surat Suara Untuk Pemilu 2019

harian9.com author photo



PALUTA| H9
Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menerima 957 boks surat suara pemilu tahun 2019 di Kantor KPU Kabupaten Paluta, Selasa (5/2) sore.

Surat suara yang diangkut menggunakan truk kontainer tersebut dengan pengawalan dari pihak kepolisian hanya untuk kategori surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten. Sementara untuk surat suara pemilihan presiden dan DPD belum ada kabar jadwal pengirimannya.

Pantauan, penerimaan surat suara yang tiba di KPU Paluta langsung disaksikan Kapolsek Padang Bolak AKP Kasmir Sitanggang dan komisioner Bawaslu Paluta Musmuliadi Siregar.

Ketua KPU Paluta, Ongku Syah Harahap menerangkan, surat suara yang diterima masih dalam keadaan tersegel didalam setiap boks.

“Dipastikan apa yang terima masih utuh dan tersegel dengan baik,” katanya. 


Dijelaskannya, surat suara yang diterima sebanyak 477.573 lembar surat suara yang terbungkus dalam 957 boks dan diangkut satu truk kontainer. 


Katanya, adapun surat suara yang tiba di KPU Kabupaten Paluta terdiri dari surat suara untuk pemilu DPR RI dapil 2 Sumatera Utara sebanyak 157.857 lembar yang tersusun dalam 316 boks. Kemudian surat suara DPRD Provinsi dapil 7 Sumut sebanyak 157.857 lembar tersusun dalam 316 boks. 

Sedangkan surat suara untuk DPRD Kabupaten Paluta terdiri atas untuk dapil 1 sebanyak 50.138 lembar dalam 101 boks,  dapil 2 sebanyak 53.946 lembar dalam 108 boks,  dapil 3 sebanyak 29.924 lembar dalam 60 boks dan dapil 4 sebanyak 27.851 lembar disusun dalam 56 boks. 

Terpisah, kordinator Divisi SDM dan Parmas KPU Paluta M Nafsir Rambe SPd kepada wartawan mengatakan, saat ini logistik surat suara yang telah diterima sudah dipindahkan dan disimpan di gudang logistik KPUD Paluta di Jalan Aminul Hajar, Pasar Gunungtua, Kecamatan Padang Bolak dalam keadaan terkunci/tergembok.

“Sudah disimpan di gudang KPU dan akan dijaga oleh pihak kepolisian,” pungkasnya. (ASr9)

Ketua KPU Paluta Ongku Syah Harahap didampingi komisioner M Nafsir Rambe SPd menerima surat suara yang diangkut truk kontainer dan disaksikan pihak kepolisian di kantor KPU Paluta, Selasa (5/2).(AKHIR S RAMBE)

Komentar Anda

Berita Terkini