MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Medan Pasar Penting Bagi Mbiz.co.id

harian9.com author photo
MEDAN| H9 
Kebutuhan bisnis yang makin kompleks telah menjadikan tim pengadaan barang dan jasa (procurement) sebagai bagian kritikal dalam menentukan efisiensi, produktivitas, dan kinerja bisnis sebuah perusahaan. 
    
Mbiz.co.id sebuah perusahaan B2B e-commerce penyedia solusi tot e-procurement yang memberikan solusi untuk salah satu problem besar yang dimiliki setiap perusahaan yakni proses pengadaan yang rumit dan kompleks.
     
"Medan pasar penting bagi Mbiz.co.id," tegas Andik Duana Putra, Chief Commercial Officer (CCO) Mbiz.co.id berbicara kepada wartawan Harian9 di Medan Kamis (7/2/2019)Siang.
     
Menurut Andik,  untuk perluasan wilayah jangkauan layanan, Medan menjadi salah satu pasar penting Mbiz.co. Pertumbuhan ekonomi Medan pada 2018 telah menunjukkan tren yang menggembirakan dan diproyeksikan terus tumbuh di 6,5 persen pada 2019. 
    
"Kami juga melihat Iembaga-lembaga pendidikan dan beragam sektor industri di Medan mengalami perkembangan yang sangat dinamis. Kami berharap, Mbiz.co.id dapat menjadi salah satu motor pendorong dalam turut mewujudkan Medan sebagai kota dengan pertumbuhan bisnis yang terus melaju berkat efisiensi dan produktivitas yang terus meningkat," jelas Andik.
    
Pasar di Medan, kata Andik perannya masih sangatkecil  dan hampir tidak kelihatan. Menurut dia terkait dengan peran dan tanggungjawab tersebut, tim procurement dituntut untuk mampu menghadapi beragam persoalan dan tantangan. Contohnya, mereka harus mampu memahami dengan tepat spefisikasi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mereka juga sering membutuhkan waktu yang lama untuk mencari vendor yang sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi yang telah dipersyaratkan. 
   
Ditambahkannya, bahwa persoalan Iain yang kerap muncul adalah repotnya mengelola kelengkapan legalitas, besarnya biaya yang harus dikeluarkan perusahaan jika harus membangun platform e-procurement sendiri demi terselenggaranya proses pengadaan barang dan jasa yang tranSparan dan akuntabel, hingga memastikan proses yang dijalankan telah menjunjung tinggi asas integritas sehingga perusahaan terhindar dari kerugian yang diakibatkan oleh proses yang tidak benar,ujarnya.

Andik menyebut tantangan dan persoalan-persoalan klasik yang berpotensi mengganggu efisiensi dan produktivitas bisnis tersebut mendorong hadirnya Mbiz.co.id sebagai solusi. 

"Kami berharap, dengan Mbiz.co.id, perusahaan berskala enterprise serta organisasi - organisasi bisnis Iainnya yang memiliki aktivitas pengadaan barang dan jasa yang intensif untuk jenis kebutuhan yang beragam makin mampu menjalankan bisnisnya secara Iancar dan efisien berkat dukungan sistem di Mbiz.co.id yang sudah terotomatisasi secara keseluruhan," katanya. 
     
Andik menjelaskan, agar mampu menjadi solusi efektif dalam menjawab tantangan dan kebutuhan tersebut, Mbiz.co.id dirancang sebagai platform digital yang memungkinkan proses pengadaan barang dan jasa dapat berjalan efisien, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan berkat adanya fitur-fitur Budget Control, Spending Report & Analytics, dan Order & Fulfilment Tracking, serta hampir keseluruhan proses yang terselenggara dalam platform ini. 
      
Selain itu, untuk menjawab kebutuhan perusahaan yang kini makin beragam, Mbiz.co.id berkolaborasi dengan vendor-vendor terkemuka untuk penyediaan ratusan ribu produk barang dan jasa yang terbagi dalam 11 kategori. Melalui Mbiz.co.id, perusahaan-perusahaan secara efisien dapat melakukan pengadaan beragam barang dan jasa dari penyediaan produk-produk |T, perlengkapan kantor, jasa alihdaya SDM seperti penyediaan tenaga keamanan, tenaga spesialis, customer service, SPG, hingga petugas kebersihan, jasa event organizer, jasa pemeliharaan gedung/kantor, rental kendaraan, Iayanan IT terkelola seperti managed print services, jasa pemasangan iklan, pengadaan bahan-bahan kimia, hingga pengadaan barang dan jasa yang bersifat kustomisasi,tutur Andik
     
Selama dua tahun berdiri, Andik menyebut transaksi mencapai Rp2 triliun, paling banyak services dan IT. Ada 350 pembeli dari multi company dengan 4.000 vendor. Saat ini Mbiz.co.id mempekerjakan 250 karyawan,pungkas Andik.(Jae9)



Komentar Anda

Berita Terkini