MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Mengapa Babinsa Kodim 0824 Ikut Bangun Saluran Irigasi ?

harian9.com author photo



JEMBER| H9
Babinsa adalan Bintara Pembina Desa yang merupakan Prajurrit TNI Komando Kewilayahan atau Kodim yang bertugas melaksanakan pembinaan teritorial termasuk pendampingan program ketahanan mapangan nasional. Termasuk Babinsa dijajaran Kodim 0824 Jember.

Seperti yang dilakukan di Dusun Tegalgayam Desa Kemuningsari Kidul Kec Jenggawah Kabupaten Jember saat dilaksanakan Kerja Bakti pembangunan saluran irigasi tersier sepanjang 200 meter yang dilakukan oleh 25 orang anggota Kelompok Tani Tegal Mas bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Rochim dan Babinsa Serda Iswahyudi.

Pembangunan saluran irigasi tersebut tepatnya dilakukan pemlengsengan tanggul kiri kanan sehingga tidak mudah tergerus oleh erosi dan tidk mudah terjadi pendangkalan pada aliran saluran irigasi tersebut.

Menurut Komandan Koramil 0824/25 Jenggawah Kapten Inf Ismianto menyampaikan bahwa  keberadaan Babinsa dalam kegiatan pembangunan saluran irigasi tersebut memiliki beberapa fungsi dan tugas yang melekat pada dirinya, disamping dalam rangka pendampingan ketahanan pangan juga sebagai bagian dari pembinaan bakti masyarakat dalam membantu pembangunan disekitarnya.

Pada pendampingan pertanian Babinsa bersama PPL merupakan implementasi kerjasama program ketahanan pangan antara Kementrian Pertanian dan TNI AD sedangkan pembinaan bakti masyarakat merupakan bagian dari program pembinaan teritorial yang sama-sama harus dilakukan sepanjang waktu oleh Babinsa. Kata Kapten Inf Ismianto.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar senada dengan yang disampaikan oleh Danramil 0824/25 Jenggawah disamping itu dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi TNI tentunya kita juga mengacu pada UU TNI no 34 Tahun 2004 utamanya pada tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) termasuk didalamnya membantu pemerintah dalam upaya peningkatan produksi pertanian melalui program pendampingan ketahanan pangan tersebut. (siswandi)

Komentar Anda

Berita Terkini