MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Rosnifah : Semua Kegiatan Puskesmas Dibawah Kendali Kapus

harian9.com author photo



ACEH TAMIANG| H9
Dugaan terjadinya besaran dana bantuan Operasional kesehatan (BOK) di pukesmas Manyak Payed, yang bervariasi, diduga kuat ada permainan orang-orang dalam. Senin (11/02/2019).

Terkait hal tersebut para wartawan menemui Rosnifah Kepala bidang pelayanan kesehatan masyarakat Dinas kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang diruang kerjanya dan pada tahun 2018 pernah menjabat kepala bidang (Kabid) kesehatan Masyarakat, disampaikannya,“pada masa itu ada 3 seksi yang saya tangani, yaitu Kesehatan lingkungan (kesling), Promosi kesehatan (Promkes), kesehatan Ibu dan Anak (KIA),”terangnya.

“Program tersebut semuanya ada di Pukesmas Manyak Payed dan di jalankan sesuai kebutuhan, sedangkan dari Dinas Kesehatan sudah lebih dari 3 kali kami ikut dalam program tersebut.

Rosnifah menambahkan,”Untuk kegiatan yang ada Pukesmas Semua dibawah kendali Kepala Pukesmas (Kapus) dan timnya, sedangkan Dinas Kesehatan tidak lagi Memberikan arahan, karena mereka sudah paham dengan tugasnya",jelasnya.


Rosnifah juga menambahkan ,”Untuk dana BOK diberikan Rp. 150.000 per orang dan untuk Program KIA Rp.100.000 Per orangnya, kalau pun ada pemotongan, seperti yang disampaikan sumber pada para  wartawan, bukan ranahnya kami",Ungkapnya. 


”Untuk sistim Pembayaran BOK, Pukesmas melakukan Amprahan ke Dinkes dan besaran nilainya untuk setiap puskesmas, ditentukan  tergantung dari jumlah penduduk, juga Desanya.

Rosnifah berharap,”jika ada pemotongan anggaran, diharapkan agar para petugas di Pukesmas untuk membicarakannya kepada pimpinan dan jika mendapatkan tugas dilapangan agar dilaksanakan dengan sunguh-sunguh, jangan asik sibuk dangan main Handphone saja,“Tegasnya. (Dani9)
Komentar Anda

Berita Terkini