Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Sahuti Keluhan Warga, Puluhan Jukir Liar Diamankan Polisi

Harian 9 author photo
Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Hilman Wilaya, SIK, MH didampingi Kasat Reskrim AKP.H Abdi Abdullah, SH dan Plt.Kadis Perhubungan Kota Padangsidimpuan Rasman Hasibuan SP.d dan Kasubbag Humas Iptu Maria Marpaung saat memberikan pengarahan dan pembinaan kepada puluha jukir liar yang terjaring aparat kepolisian di Mapolres Padangsidimpuan, Kamis (31/1). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| H9
Guna menyahuti keluhan warga terhadap tindak-tanduk para juru parkir (jukir) tidak resmi yang selalu memina uang parkir bagi pengguna jalan, puluhan jukir yang beraktivitas di sejumlah ruas jalan di Kota Padangsidimpuan diamankan dan diberi pembinaan oleh Polres Padangsidimpuan, bertempat di halaman Mapolres Padangsidimpuan.

Saat dilakukan penertiban, petugas mendapati sejumlah jukir yang kedapatan tidak memiliki surat tugas meski banyak dari mereka yang memakai rompi resmi jukir Pemko Padangsidimpuan. 

Selain itu petugas juga mengamankan para petugas parkir yang terkesan bergaya preman, kumal dan jorok serta mereka juga memasang tarif parkir yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku di Kota  Padangsidimpuan.

Adapun titik lokasi parkir yang disisir petugas  diantaranya di Jalan Sudirman (eks Merdeka), kawasan Pasar Sagumpal Bonang, tugu Salak, Jalan Kenanga, Jalan Patrice Lumumba, Jalan Thamrin dan ruas jalan lainnya.

Dari 27 jukir yang  diamankan 12 orang diantaranya memiliki mandat dari Dinas Perhubungan Kota Padangsidimpuan, sementara 15 orang lainnya tidak memiliki mandat atau surat keterangan apapun alias liar.

“Ada sekitar 27 jukir liar yang kami amankan dan mereka hanya sebatas diberikan pembinaan agar mereka taat aturan dan bekerja secara resmi agar tidak meresahkan masyarakat,“ ujar Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Hilman Wilaya, SIK, MH didampingi Kasat Reskrim AKP.H Abdi Abdullah, SH dan Plt.Kadis Perhubungan Kota Padangsidimpuan Rasman Hasibuan SP.d dan Kasubbag Humas Iptu Maria Marpaung di Mapolres Padangsidimpuan, Kamis (31/1).

Menurut Kapolres, penertiban terhadap jukir liar yang dilakukan jajaran Polres Padangsidimpuan dari berbagai titik ruas jalan di Kota Padangsidimpuan, sebagai salah satu langkah tindakan persuasive guna menertibkan serta mengamankan oknum jukir liar yang sudah  banyak meresahkan masyarakat, di samping juga mengantisipasi dugaan adanya pungli oleh oknum yang mengaku petugas keamanan terkait viralnya vidio di media sosial terkait sikap arogansi oknum jukir liar terhadap seorang perempuan yang sedang mengendarai kenderaan pada beberapa waktu lalu.

“Dalam menjalankan tugas sebagai jukir, harusnya para jukir baiknya berpenampilan rapih, bersih dan humanis terlebih harus mematuhi aturan. Intinya dari kita untuk kita dalam membangun Kota Padangsidimpuan dan masyarakat Kota Padangsidimpuan dapat memahami situasi ini,“ terang Kapolres.

Kapolres menjelaskan, memang inilah yang terjadi. Pengelolaan parkir masih dalam tahapan, karena sekarang 100 persen sudah dikelola oleh Dinas Perhubungan Kota Padangsidimpuan, Namun karena masih minim sosialisasi wajar saja para jukir banyak yang tidak memahami dan beraktivitas sesuka hati.

Sementara Kadis Perhubungan Rasman Hasibuan SP.d mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap jajaran Polres Kota Padangsidimpuan dengan bertindak cepat mengenai keresahan masyarakat terkait adanya dugaan parkir liar serta terkait viralnya vidio seorang pengguna media sosial (Facebook) dimana di dalam vidio tersebut seorang pria mengaku keamanan dengan gaya arogan meminta uang parkir terhadap pengendara yang berlokasi di jalan Sudirman kota Padangsidimpuan.

“Ini menjadi pelajaran bagi kita semua agar tetap mentaati aturan yang berlaku, jangan untuk mencari sesuap nasi kita harus berlaku sesuka hati apalagi sampai bertindak arogansi. Ini tidak baik dan mari kita bangun Kota Padangsidimpuan menuju yang lebih baik lagi,“ terang Kapolres.

Sementara Plt. Kadis Perhubungan Kota Padangsidimpuan Rasman Hasibuan SPd menyampaikan beberapa aturan dan tugas serta tanggungjawab seorang jukir dalam menjalankan tugas, diantaranya memiliki sikap santun dan bertata krama dalam tugas yang akan di jalankan setiap jukir.

“Mohon dijagalah profesi kita. Jangan sempat menimbulkan kesan yang negatif terhadap masyarakat dan pastinya jagalah kenyamanan dan keamanan, beri pelayanan yang baik agar masyarakat tidak merasa terganggu,“ harap Rasman.

Ia juga menyampaikan kedepan pihaknya akan memfasilitasi petugas jukir hal memberikan pakaian resmi (kostum) yang dikenakan oleh para jukir yang dilengkapi kartu pengenal agar menunjukkan kesan yang baik.

“Kami mengharapkan kepada para jukir agar menjadi mitra yang baik khususnya dalam hal ini selalu mematuhi aturan yang berlaku dan dapat menjadi bagian dari pendukung pembangunan Kota Padangsidimpuan dalam mengumpul Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sector retribusi parkir,“ katanya. (Wan9).
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar Anda

Berita Terkini