MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Satu Unit Rumah Warga Di Paluta Ludes Terbakar

harian9 author photo
Satu unit rumah milik warga Lingkungan V, pasar Gunungtua, kecamatan Padang Bolak ludes dilalap sijago merah, Minggu (3/2). (Foto: Akhir S Rambe)


PALUTA| H9
Satu unit rumah milik warga di Lingkungan V, pasar Gunungtua, kecamatan Padang Bolak, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) ludes dilalap sijago merah, Minggu (3/2) sekitar pukul 01.15 WIB dinihari.

Informasi yang dihimpun, api yang menghanguskan rumah berlantai 2 yang terbuat dari papan tersebut diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik (korsleting). Tidak ada korban jiwa, namun pemilik rumah yakni Rosminar Siregar (65) mengalami luka bakar dibagian punggungnya.

Menurut keterangan warga sekitar, Nanny Wati (35) mengatakan bahwa saat itu ia terbangun karena mendengar teriakan pemilik rumah yang meminta tolong.

Dan saat keluar dari rumahnya, ia melihat api sudah cukup besar dibagian atap rumah korban. Katanya, api menyebar begitu cepat akibat bahan rumah yang terbuat dari material papan.

“Saya terbangun karena mendengar teriakan minta tolong. Saya keluar rumah dan melihat api sudah membesar dirumah itu,” katanya.

Katanya, warga sekitar sempat memberikan pertolongan seadanya sambil menunggu kedatangan mobil pemadam kebakaran.

Sementara, Kasatpol PP Yusuf MD Hasibuan melalui Kabid Damkar Rahibbun Harahap menyebutkan bahwa setelah pihaknya menerima informasi tersebut langsung menurunkan 1 unit mobil damkar untuk memadamkan api.

Dengan dibantu warga, setelah satu jam api dapat dipadamkan dan sempat menghanguskan satu unit rumah warga yang merupakan sumber api.

“Kita menurunkan 1 unit mobil damkar dan berhasil memadamkan api dengan dibantu warga,” ujarnya.

Lanjutnya, bahan rumah yang terbuat dari material papan dan sudah cukup berumur ini mengakibatkan api membesar dengan cepat. Meski begitu, api dapat dikendalikan sehingga tidak sempat menjalar ke rumah warga lainnya. 

Tidak ada korban jiwa, namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Senada, Kapolsek Padang Bolak AKP Kasmir Sitanggang menyebutkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun  pemilik rumah Rosminar Siregar mengalami luka bakar pada bagian punggung dan sudah dibawa oleh keluarga ke RSUD Aek Haruaya untuk penanganan lebih lanjut.

“Tidak ada korban jiwa, tapi pemilik rumah mengalami luka bakar dan sudah dibawa berobat ke rumah sakit,” katanya.

Pantauan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 02.30 Wib setelah satu unit mobil damkar tiba dilokasi untuk memadamkan api dengan dibantu warga sekitar. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar Anda

Berita Terkini