MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Tunjukkan Kesan Humanis, Puluhan Jukir Lakukan Pangkas Rambut

harian9.com author photo
Seorang jukir yang terkena penertiban saat melaksanakan pangkas rambut secara gratis yang dilaksanakan Sat Reskrim Polres Padangsidimpuan, di Mapolres Padangsidimpuan, Kamis (31/1). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| H9
Agar dapat menunjukkan sikap yang humanis di tengah masyarakat khususnya kalangan masyarakat pengendara, puluhan juru parkir yang beraktivitas di sejumlah ruas jalan di Kota Padangsidimpuan dan terkena penertiban mendapat pembinaan oleh aparat Kepolisian bersama Dinas Perhubungan Kota Padangsidimpuan diantaranya dengan memamngkas rambut secara gratis yang dilaksanakan Sat Reskrim Polres Padangsidimpuan, di Mapolres Padangsidimpuan, Kamis (31/1).

Pembinaan yang dilakukan terhadap para jukir yang kebanyakan ber status liar karena tidak memiliki ijin resmi dari Pemerintah Kota Padangsidimpuan tersebut diantaranya dengan memangkas rambut secara gratis agar para jukir terlihat humanis, rapi dan terkesan tidak menakutkan bagi masyarakat.

“Kita melakukan pembinaan diantaranya dengan merapikan rambut para jukir yang terlihat seram karena banyak yang berambut gondrong, agar senantiasa terlihat humanis dan rapi, sehingga masyarakat pengendara yang terkena parker tidak dapat menerima kehadiran para jukir karena tidak menakutkan,“ ujar Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Hilman Wilaya, SIK, MH melalui Kasat Reskrim AKP.H Abdi Abdullah, SH dan Plt.Kadis Perhubungan Kota Padangsidimpuan Rasman Hasibuan SPd dan Kasubbag Humas Iptu Maria Marpaung di sela-sela pangkas rambut para jukir Mapolres Padangsidimpuan.

Menurut Kasat, tindakan ini guna menyahuti keluhan masyarakat yang sering complain dengan jukir. Mereka para jukir didata identitasnya dan diberi pembinaan. Bagi para jukir yang dinilai berpenampilan kumal dan tidak rapi kita suruh untuk pangkas secara gratis.

“Kepada para bapak bapak jukir saya harapkan harusnya menjaga tempat cari makan mereka dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pengendara dan bersikap humanis dan sopan saat melaksanakan tugasnya,“ terang Kasat.

Ia juga mengharapkan agar jukir yang merupakan bagian dari menggali PAD harus menjaga nama baik Kota Padangsidimpuan. 

“Apakah saudara saudara tidak malu melihat kampung kita ini dikatakan kota preman. Kalau tidak mau ya… mulai detik ini kalian harus mengubah penampilan dan sikap kalian,“ tegas Kasat.

Sementara Kadis Perhubungan Kota Padangsidimpuan Rasman Hasibuan SP.d mengapresiasi jajaran Polres Kota Padangsidimpuan yang bertindak cepat menyahuti keresahan masyarakat terkait adanya dugaan parkir liar serta oknum petugas parker yang terkesan gaya preman.

“Tindakan persuasive yang dilakukan jajaran Polres Padangsidimpuan ini diharapkan menjadi contoh bagi para jukir lainnya yang menggantungkan hidupnya dari kerja sebagai jukir agar tetap humanis dan memiliki tanggungjawab seorang jukir dalam menjalankan tugas, diantaranya dengan berpenampilan menarik dan memiliki tata karma,“ harapnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar


















Komentar Anda

Berita Terkini