MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Akhir Pekan IHSG Menguat

harian9.com author photo

MEDAN |H9
Pergerakan IHSG akhir pekan ini menguat kembali 47 poin atau naik 0,747% di level 6.461 level tertinggi berada di level 6.489 dan terendah berada di level 6.419. IHSG pada perdagangan pekan depan diprediksi akan kembali menguat. 

Penguatan IHSG hari ini disinyalir berasal dari dukungan seluruh sektor dimana sektor keuangan menguat tertinggi yakni naik 1.3% disusul kenaikan pada sektor manufaktur 1%, sektor property 0,6% dan sektor konsumer juga 6%.

Dikatakan ekonom Sumut, Gunawan Benjamin bahwa rilis data data neraca perdagangan Februari 2019 surplus memberikan sentimen positif bagi pergerakan IHSG hari ini dimana ini merupakan hal yang diharapkan pemerintah dalam menekan angka defisit neraca perdagangan. 

Diharapkan kedepannya pemerintah mampu menjaga neraca perdagangan yang lebih baik agar pertumbuhan ekonomi dalam negeri dapat bergerak lebih cepat.

Disamping itu, indeks saham global juga mengalami pengautan dimana indeks hangseng menguat 0,72%, Kospi naik 0,95%, Shanghai naik 1%, Dow Jones naik tipis 0,027% dan Shenzhen naik 1,4%,”katanya, Sabtu (16/3/2019).

Disisi lain, Penguatan IHSG hari ini bertolak belakang dengan pergerakan nilai tukar Rupiah di pasar spot. Sentimen dari dalam negeri terkait peringkat utang Indonesia dari Fitch Ratings menjadi BBB dengan prospek stabil belum mampu mendorong penguatan Rupiah saat meskipun berhasil mendorong penguatan IHSG. 

Nilai tukar Rupiah gagal menguat dan bergerak melemah 1% di kisaran level Rp.14.373/USD.  Saya kira setidaknya peringkat rating ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi investor asing dalam menilai daya tahan ekonomi Indonesia dan keamanan investasi di Indonesia.

“Sementara nilai tukar Rupiah memang cukup tertekan setelah menguat selama beberapa hari terakhir. Namun saya kira ini hal yang biasa namun harus tetap kita antisipasi dan evaluasi kembali agar stabilitas keuangan kita tetap terkontrol dan terjaga,”pungkasnya. (Jae9)




Komentar Anda

Berita Terkini