MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

ASEAN sebagai Pendorong Konsep Indo-Pasifik

harian9 author photo
(Foto: kemlu)


JAKARTA| H9
Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno L. P. Marsudi mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Kerajaan Thailand, Don Pramudwinai, di Gedung Pancasila, Jakarta (13/3).

Pertemuan bilateral ini membahas berbagai isu bilateral dan regional terkait dengan kerja sama strategis antara Indonesia dan Thailand, khususnya dalam kerangka ASEAN. Saat ini, Thailand memegang kepemimpinan ASEAN. 

Kedua Menteri membahas bagaimana ASEAN dapat lebih jauh membantu Myanmar mengenai situasi di Rakhine State. Baik Indonesia dan Thailand menyambut baik hasil penilaian pendahuluan yang dilakukan oleh ASEAN dan AHA Centre di Myanmar, serta menantikan penempatan tim penilai kebutuhan komprehensif dalam waktu dekat.

Indonesia dan Thailand berharap dapat bekerja sama lebih lanjut dengan negara-negara anggota ASEAN lainnya menuju konsep kolektif ASEAN tentang Indo-Pasifik. 

Menlu RI menyampaikan penghargaannya atas kepemimpinan Thailand dalam proses diskusi Konsep Indo-Pasifik ASEAN dan berharap bahwa hal ini dapat didukung oleh para Pemimpin ASEAN lainnya. ASEAN harus mempertahankan sentralitasnya serta menjadi kekuatan pendorong konsep Indo-Pasifik.

Menlu RI dan Menlu Thailand juga membahas kerja sama ekonomi, terutama bagaimana meningkatkan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Thailand. Salah satunya melalui investasi salah satu perusahaan Unicorn Indonesia di Thailand. Indonesia apresiasi dukungan & fasilitasi yang baik dari Pemerintah Thailand untuk investasi Indonesia di Thailand.

Dalam pertemuan bilateral, kedua Menteri juga menyatakan keprihatinan mereka tentang ketidakstabilan harga karet alam. Menl RI menyatakan harapannya bahwa Indonesia dan Thailand, yang merupakan dua dari tiga produsen dan eksportir karet alam terbesar di dunia, dapat mengambil tindakan bersama dalam meningkatkan serta meningkatkan dan menstabilkan harga pasar global karet alam.​

Mengakhiri pertemuan, Menlu RI dan Menlu Thailand menantikan perayaan peringatan ke-70 hubungan diplomatik antara Indonesia dan Thailand pada tahun 2020. (kemlu/03)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini