MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Bawaslu Tapsel Gelar Raker Peningkatan Kapasitas SDM Sekretariat

harian9.com author photo
Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution,MM, Kaban Kesbangpol Tapsel Hamdy S Pulungan dan Ketua Bawastu Tapsel Dr.SL.Simbolon, M.Ag, saat menghadiri Raker peningkatan kapasitas SDM Sekretariat bersama kesekretariatan Panwascam se-Kabupaten Tapsel, di Hotel Sitamiang, Kota Padangsidimpuan, Rabu (13/3) malam. (Foto: Riswandy)


TAPSEL| H9
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel),  melaksanakan Rapat Kerja (Raker) peningkatan kapasitas Sumber Daya  Manusia (SDM) Sekretariat bersama kesekretariatan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Tapsel, bertempat di Hotel Sitamiang, Kota Padangsidimpuan, Rabu (13/3) malam.

Raker diikuti 56 orang peserta yang terdiri dari 4 orang/Kecamatan, Kepala Sekretariat, Bendahara Pembantu Keuangan dan 2 staf dari 14 Kecamatan serta dihadiri dan dibuka Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel Drs.Parulian Nasution, MM, Kaban Kesbangpol Tapsel Hamdy S Pulungan, Ketua Bawastu Tapsel Dr.SL.Simbolon, M.Ag, bersama Komisioner Bawaslu Tapsel lainnya.

Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu melalui Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution,MM dalam sambutannya mengatakan, sesungguhnya motto pesta demokrasi Pemilu 17 April 2019 adalah sukses persiapan pengawasan Pemilu, sukses pelaksanaan pengawasan Pemilu dan sukses pasca pelaksanaan Pemilu.

Lebih lanjut Parulian menyampaikan, bahwasanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu itu merupakan dua mata rantai yang tidak bisa dipisahkan, karena keduanya merupakan kekuatan utama yang akan menentukan suksesnya pesta demokrasi Pemilu 2019.

Oleh karena itu Bawaslu itu sangat berperan penting dalam konteks pengawasan penyelenggaraan Pemilu,  tentunya termasuk pencegahan-pencegahan dalam bentuk pelanggaran Pemilu, sekaligus bertugas mengawasi segala tugas-tugas KPU mulai dari persiapan yang tentunya termasuk menentukan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Tetap (DPT), sampai kepada penentuan nama calon dari semua partai sebagai kontestan Pemilu.

"KPU itu merupakan penyelenggara Pemilu, yang artinya, penyelenggaraan Pemilu tidak akan sukses tanpa adanya pengawasan dari lembaga yang telah diberikan amanah oleh pemerintah yakni Bawaslu dan ketika pengawasan rendah pastilah pelaksanaannya pun akan rendah juga," terang Parulian

Sementara itu juga katanya, peran sekretariat sebagai motor penggerak organisasi juga harus mampu menguasai informasi dan data Pemilu, karena setiap pengaduan dari berbagai macam pelanggaran Pemilu harus dapat di input dan diselesaikan melalui proses perundang-unsangan yang berlaku dan diharapkan, Bawaslu harus tetap bersikap adil dalam menggunakan kewenangannya.

"Selain personil Bawaslu, jajaran Sekretariat baik di Bawaslu maupun di tingkat Panwascamu juga harus bertugas secara profesional, berjiwa netralitas dan memiliki integritas yang tinggi, karena mereka juga bagian dari penyelenggara Pemilu," tuturnya

Sementara Ketua Bawaslu Tapsel Dr. SL Simbolon, M.Ag, mengucapkan terimakasih atas peran serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel yg telah mendukung tugas-tugas Bawaslu Tapsel dalam  proses pengawasan Pemilu tahun 2019 ini di Kabupaten Tapsel, yang diharapkan dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar.

Menurutnya, bahwasannya Raker tersebut dilakukan sebagai upaya pembekalan kepada para peserta dalam menghadapi Pemilu Serentak 2019, mengingat Pemilu kali ini merupakan yang pertama kali dimana Pemilihan Legislatif dan Presiden dilakukan secara serentak. 

"Pembekalan akan kita lakukan berulang-ulang. Kita bedah regulasi-regulasi tentang pengawasan, supaya penerapan dilapangan kita tidak salah. Kita tidak mau yang memahami aturan tentang pengawasan Pemilu hanya ketua dan anggota Panwascam saja. Tapi, sekretariat yang memfasilitasi Ketua dan anggota Panwas juga harus tahu aturan dan regulasi dalam pengawasan Pemilu 2019," ujarnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa Panwascam dan kesekretariatan harus bersinergi dalam melakukan pengawasan. Untuk penindakan seperti penertiban alat peraga kampanye yang menyalahi aturan dan lainnya pihaknya tetap akan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Kalau berkaitan dengan penindakan pelanggaran biasanya kami tetap melibatkan dari Kepolisian, Kejaksaan selaku unsur Penegakan  Hukum Terpadu (Gakkumdu), maupun pemerintah daerah, agar proses penyelesaian pelanggaran dapat terselesaikan dengan baik," tuturnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar











Komentar Anda

Berita Terkini