MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 MENYAMPAIKAN TURUT BERDUKA CITA ATAS WAFATNYA BAPAK PROF. Dr. Ing H. BJ. HABIBIE. IN SYAA ALLAH HUSNUL KHATIMAH. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN TEMPAT TERBAIK DI SURGA-NYA. AAMIIN"

Bawaslu Tapsel Rangkul Ormas Awasi Pemilu 2019

harian9 author photo
Para peserta sedang mengikuti sosialisasi pengawasan Pemilu 2019 yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Tapsel bersama Ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat se Kabupaten Tapsel, bertempat di aula Hotel Sitamiang Kota Padangsidimpuan, Selasa (5/3). (Foto : Riswandy)


TAPSEL| H9
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapnuli Selatan (Tapsel) menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu 2019 bersama Organisasi Masyarakat (Ormas), tokoh agama, tokoh masyarakat se Kabupaten Tapsel, bertempat di aula Hotel Sitamiang Kota Padangsidimpuan, Selasa (5/3).

Dengan thema, 'Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu', sosialisasi dibuka Bupati Tapsel Diwakili Sekdakab Drs. Parulian Nasution, MM, dihadiri Ketua Bawaslu Tapsel Dr. SL Simbolon, M.Ag, bersama komisioner masing-masing Julianto dari Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Khoirun Solih dari Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Sekretaris PC NU Tapsel Dr. H. Akhiril Pane, Mpd, Sekretaris MUI H Hendri Harahap, S.Pd, mewakili Ketua PD Muhamnadyah Tapsel Ali Nurdin, Ketua Muslimat NU Dra Hj. Maisaroh Dalimunthe Sekretaris FKUB H. Maralaut Siregar, Ketua BKMT Anna Leli Hurasuhut dan Ketua Muslimat Aisyiah Rosita Sitompul.

Bupati Tapsel diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu pencegahan dari berbagai pelanggaran yang mungkin saja bisa terjadi pada saat tahapan Pemilu berjalan.

“ Sosialisasi ini kita anggap penting dan kita khususkan kepada ormas, tokoh masyarakat dan tokoh agama dan diharapkan, dari sosialisasi ini kita yang hadir ini mendapatkan bekal sehingga bisa menyampaikannya lagi kepada masyarakat yang ada di sekitarnya, mulai dari keluarganya sampai ke rekan-rekan terdekatnya, “ ujar Parulian

Sementara Ketua Bawaslu Tapsel Dr. SL Simbolon, M.Ag, menyampaikan, sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif 2019 ini, kami merangkul Ormas yang di Kabupaten Tapsel untuk bersama sama melakukan pengawasan dalam Pemilu 2019 ini supaya bisa berjalan aman dan sukses nantinya

Menurutnya, dalam kegiatan ini pihaknya mengajak masyarakat dan ormas untuk mengawasi pelaksanaan Pemilu Pileg dan Pilpres. Karena, dengan melakukan sosialisasi ini maka masyarakat dan ormas dapat terlibat langsung mengawasi pelaksanaan Pemilu.

“ Jika peserta yang ikut sosialisasi ini nanti ke lapangan ada menemukan pelanggaran baik dalam kampanye maupun pemasang atribut di tempat larangan maka peserta sosialisasi dan ormas dan masyarakat segera laporkan kepada Bawaslu untuk bisa di tindak tegas jika ada unsur pelanggaran tersebut, “ ujar SL Simbolon.

Komisioner Bawaslu Tapsel Julianto selaku narasumber memaparkan materi terkait pengawasan partisipatif, potensi pelanggaran pemilu 2019, pengawasan kampanye berupa pencegahan kampanye SARA, Hoax, Money Politik dan netralitas ASN.

Sebelumnya, Ketua panitia sosialisasi Salman Fariz Harahap melaporkan, kegiatan sosialisasi pengawasan partisipasi ini merupakan program kerja Bawaslu untuk mensukseskan Pemilu 2019, sekaligus bertujuan untuk meningkatkan partisipatisi masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2019 dan mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu.

Sosialisasi diikuti sekitar 100 orang peserta dari 11 ormas di Kabupaten Tapsel yakni, MUI, FKUB, PC NU, Muslimat NU, PD Muhamadyah, Muslimat Alwasliyah, BKMT, Muslimat Aisyah, Badan Koordinasi Antar Gereja (BKAG) dan Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA). (Wan9).



Komentar Anda

Berita Terkini