MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

BMKG Keluarkan Warning 3 Hari ke Depan Wilayah Sumut Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang

harian9.com author photo
BBMKG Wilayah I mengeluarkan warning agar mewaspadai hujan sedang hingga lebat yang disertai petir di wilayah Sumatera Utara.



MEDAN| H9
Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I mengeluarkan warning agar mewaspadai hujan sedang hingga lebat yang disertai petir di wilayah Sumatera Utara.

"Peringatan tersebut untuk tiga hari ke depan hingga 15 Maret 2019," kata Kepala Bidang Data & Informasi BBMKG Wilayah I, Syahnan, Selasa (12/3/2019).

Pihaknya mengeluarkan warning hujan sedang hingga lebat dikhawatirkan dapat menyebabkan banjir dan angin kencang di wilayah pantai dan longsor di wilayah pegunungan.

Pihaknya juga mengeluarkan peringatan gelombang yang patut diwaspadai sampai 14 Maret 2019. "Peringatan Gelombang 1.25-2.5 meter (sedang) berpeluang terjadi di Samudera Hindia Barat Aceh dan Samudera Hindia barat Kepulauan Nias," katanya.

Sedangkan,tambah syahnan kondisi sinoptik terjadi sirkulasi siklonik terdapat di perairan barat Aceh. Konvergensi terdapat di Sumatera Utara dan belokan angin terdapat di Aceh.

"Angin di perairan Sumatera Bagian Utara umumnya dari Barat Laut hingga Timur Laut dengan kecepatan antara tiga hingga 15 knot," ungkapnya.

Hujan diperkirakan akan terjadi pada siang dan malam harinya. Sedangkan kelembaban udara 85-95%. Untuk suhu udara di wilayah Sumut berbeda-beda, antara 18-33° C. (Jae9)



Komentar Anda

Berita Terkini