MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Cipta Kondisi, Polres Padangsidimpuan Gelar Razia Kos-kosan

harian9.com author photo
Personil Polres Padangsidimpuan saat melakukan razia kos-kosan di Kota Padangsidimpuan, Kamis (14/3) malam. (Foto: Riswandy)

PADANGSIDIMPUAN| H9
Dalam rangka cipta kondisi sekaligus mengantisipasi terjadinya peredaran narkoba dan tindak kejahatan yang tidak diinginkan, jajaran Kepolisian Resort (Polres) Kota Padangsidimpuan menggelar razia ke sejumlah tempat kos-kosan di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan, Kamis (14/3) yang dimulai sekira pukul 21.00 WIB.

Razia gabungan dipimpin Kabag Ops Kompol Aswat Tarigan SE melibatkan seluruh Sat Fungsi di jajaran Polres Padangsidimpuan, baik itu dari Sat Lantas, Sat Intelkam, Sat Reskrim, Sat Narkoba, Sat Binmas serta personil Polsek di jajaran Polres Padangsidimpuan.

Dalam razia tersebut, petugas melakukan penyisirandi sejumlah tempat kos-kosan dengan cara mendatangi satu per satu dan mengecek keberadaan kamar kos-kosan yang dimulai dari Jalan Pelita komplek DPR Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan dan petugas mengecek dan meneliti beberapa penghuni kos-kosan dengan cara menanyakan dan melihat langsung kartu identitas baik berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun identitas lainnya.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya S.I.K.M.H melalui Kabag Ops Polres Padangsidimpuan Kompol Aswat Tarigan SE mengungkapkan, razia ini guna mengantisipasi berbagai potensi munculnya kejahatan khususnya di tempat kos-kosan.

“Selain untuk Cipta Kondisi yang aman dan tertib menjelang Pileg, Pilpres 17 April 2019, kami juga melakukan pemeriksaan terhadap warga penghuni kos-kosan yang ada di wilayah kami. Serta memberikan beberapa arahan kepada para penghuni kos terkait hal-hal yang tidak diinginkan,“ terang Kompol Aswat.

Kompol Aswat juga menyampaikan, tujuan dari dilaksanakan razia adalah untuk menjaga keamanan dan kekondusipan Wilayah Hukum Polres Padangsidimpuan dan dilaksanakan sebagai bentuk imbangan, menertibkan masyarakat yang tidak dapat memperlihatkan identitasnya, mewaspadai orang yang masuk dari arah Sibolga menuju Wilayah Hukum Polres Padangsidimpuan sehubungan peristiwa terorisme dan pelaksanaan razia dilakukan secara profesional dan humanis.

“Mudah-mudahan dari hasil razia yang kami lakukan, tidak ditemukan hal-hal yang mengkhawatirkan dan kondisi ini diharapkan dapat terus dipertahankan dan dijaga baik oleh para penghuni kos maupun para pemilik kos itu sendiri, dengan memberikan aturan-aturan kepada penghuni kos,“ sebutnya.

Ditambahkannya, kegiatan razia kos-kosan ini akan secara rutin dan secara spontan dilakukan serta meminta kepada para perangkat Kelurahan terkecil, dalam hal ini Kepala Lingkungan (Kepling) untuk selalu melakukan pengawasan terkait keberadaan penghuni kos-kosan di wilayah Kota Padangsidimpuan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan aparatur Kelurahan dan Lingkungan untuk meningkatkan pengawasan kepada para penghuni kos-kosan, seperti contohnya, jika ada penghuni kos-kosan yang baru masuk, untuk segera melapor,“ tuturnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini