MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Disdukcapil Paluta Musnahkan 3.618 Lembar KTP-el Invalid

harian9 author photo

PALUTA| H9
Dinas Kependudukan Catatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) musnahkan 3.618 lembar KTP elektronik atau KTP-el di Halaman belakang Disdukcapil Paluta, Jumat (29/3).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Paluta Susanna Hanum Daulay mengatakan bahwa KTP-el yang dimusnahkan dinyatakan sudah invalid dan tidak berlaku lagi.

Pemusnahan KTP el dilakukan dengan cara dipotong dengan mesin pemotong (pencacah) terlebih dahulu sebelum kemudian dibakar dan pemusnahan ini merupakan tahap ke II atau KTP el yang dinyatakan invalid dalam 5 bulan terakhir.

“Ada 3.618 lembar KTP-el yang kita musnahkan karena dinyatakan sudah invalid dan tidak berlaku dengan berbagai hal penyebabnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, pemusnahan KTP-el ini didasari oleh sejumlah alasan antara lain yaitu KTP-el rusak, perubahan alamat, perubahan status, perubahan pekerjaan, data ganda dan yang lainnya.

Katanya, pemusnahan juga telah dilakukan secara seremonial pada November 2018 lalu dan pada saat itu dihadiri sejumlah instansi terkait diantaranya pihak Polsek Padang Bolak dan Satpol PP Paluta.

"Intinya KTP-el yang dimusnahkan karena dinyatakan sudah tidak terpakai akibat berbagai hal diantaranya rusak, pindah domisili, perubahan status ataupun penyebab lainnya," ujar Susanna.

Ia menjelaskan untuk progress kedepan, akan ada tahapan pemusnahan selanjutnya yang dilakukan sesuai dengan intruksi pemerintah pusat. 

Menurutnya, pemusnahan KTP-el rusak atau tidak terpakai didaerah sesuai intruksi pemerintah pusat dengan tujuan untuk menghindari penyalahgunaan atas KTP-el oleh pihak yang tidak bertanggung jawab nantinya.

“Pemerintah pusat mengintruksikan agar memusnahkan KTP-el yang invalid didaerah agar tidak disalahgunakan,” pungkasnya.(Dek9)
Editor: Mardan H Siregar 

Kepala Disdukcapil Paluta Susanna Hanum Daulay bersama salah seorang pegawai menunjukkan sejumlah KTP-el yang sudah dipotong dan akan dimusnahkan dengan cara dibakar, Jumat (29/3). (Foto: Akhir S Rambe)












Komentar Anda

Berita Terkini