MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Forum Bisnis ISPF Bawa Indonesia Lebih Dekat dengan Kawasan “Blue Pacific”

harian9.com author photo

JAKARTA| H9
Indonesia bersama dengan mitra di Pasifik Selatan mengadakan Forum Bisnis dengan tema Connecting Peoples for Sustainable Growth di Jakarta, Kamis (21/03).

Forum ini sebagai bagian dari rangkaian Indonesia-South Pacific Forum (ISPF).  Perwakilan dari berbagai pengusaha dari Indonesia dan 13 negara dan ekonomi di Pasifik Selatan turut hadir sebagai peserta aktif.

Kendati masih tergolong sebagai mitra non-tradisional, beberapa perusahaan Indonesia telah menancapkan eksistensi di Pasifik Selatan. 

Dua diantaranya adalah Audie Pacific Engineering dengan Yadua Bay Resort dan Treetop Villa Resort di Fiji dengan total nilai AUD$.5,6 juta dan  Bairiki Football Stadium in Kiribati senilai AUD$.12,3 juta.

Selain itu, terdapat potensi kerja sama Dexa Medica untuk dapat mengekspor produk farmasi ke negara-negara di Pasifik Selatan.

Eximbank dapat  menjadi opsi dalam membiayai proyek dan biaya ekspor ke Pasifik. Dengan adanya konsultasi PTA Indonesia-Fiji dan Indonesia-PNG yang hari ini ditandatangani, maka tarif produk impor dari masing-masing negara dapat dikurangi  guna meningkatkan nilai perdagangan konkret kedua negara.

Terdapat ketertarikan dari perusahaan - perusahaan Indonesia untuk bekerja sama dan berinvestasi di negara-negara “Blue Pacific” ini. Perusahaan-perusahaan Indonesia juga mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan profil perusahaan mereka.

Terdapat beberapa hambatan perdagangan yang mengemuka dalam diskusi, seperti konektivitas dan harga pengiriman yang masih cukup tinggi, bea impor, dan prosedur mendapatkan visa untuk pekerja yang cukup kompleks.

Terlepas dari tantangan yang ada, jelas tersimpan potensi kerja sama ekonomi konkret dengan Pasifik Selatan. (kemlu/03)
Editor: Mardan H Siregar 

 (Foto: kemlu)


Komentar Anda

Berita Terkini