MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Gebu Minang Gelar Dialog Bisnis Dengan Entrepreneur Minang di Sumut

Harian 9 author photo
MEDAN| H9
Gerakan Ekonomi Budaya Masyarakat Minang (Gebu Minang) Sumatera Utara menggelar diskusi ekonomi dan budaya dengan Topik; Optimalisasi Peningkatan hubungan Kerjasama Ekonomi dan Budaya antara  Sumut dengan Sumbar, Kamis 28 Februari 2019 di Medan Club Jl.RA Kartini Medan.

Ketua Umum Gebu Minang Sumut Putrama Alkhairi menyampaikan, sebagai nara sumber dalam kegiatan diskusi itu antara lain, H Indra Utama (Pengusaha), Isfan F Fachruddin (Wakil Ketua Kadin Sumut), Dr Haikal (Dinas Koperasi Sumut), Putrama Alkhairi ( Dirut BUMD) dan Dr. dr. Delyuzar (Bidang Kesehatan)

Menurutnya, digelarnya kegiatan ini bertujuan melihat potensi dua daerah baik Sumut maupun Sumbar untuk bisa disinergikan.  Maka perlu membentuk tim kerja utk mendata potensi produk barang dan jasa sumbar yag strategis utk dipasarkan di Sumut Aceh. Termasuk menggelar Sumbar Expo di Medan. 

“Selain itu  mendata potensi sumber daya alam dan parawisata Sumbar utk peluang investasi,  membuat data base masyarakat Minang di Aceh, Mengidentifikasi produk Sumut yg dibutuhkan di Sumbar, Alternatif usaha produktif urang Minang di Sumut, dukungan pemrof Sumbar dan Sumut utk mendorong kemajuan ekonomi masyarakat Minang di Sumut, program pulang kampung Basamo didesain profesional sebagai bisnis edukasi kebudayaan, membesarkan GM Minang mart sebagai pusat pemasaran produk,dan lain-lain,” ucapnya. 

Sementara itu, Dr. dr. Delyuzar mngatakan, bagaimana sumbar menjadi pusat pendidikan religius, yg terkenal seperti zaman dulu. Ketika diniah putri, parabek dan beberapa sekolah Islam lainnya yg menghasilkan SDM yg berkualitas, diupayakan pembiayaan dari investasi pengusaha Minang dan investasi dari negara timur tengah,  atau semacam cabang Al Azhar di Mesir, dll

Wakil Ketua Kadin Sumut Isfan F Fachrudin, menyatakan untuk ikut serta menyukses Sumbar expo pada November 2019 di medan, kadin Sumut siap bekerjasama dgn Gebu Minang.  Sebab Sumbar Expo menjadi sarana bagi UMKM-UMKM di Sumut dan Sumbar  untuk mempromosikan kegiatan-kegiatan atau produk-produk yang dimiliki. 

“Di samping itu tentunya membuka peluang investasi dengan membuat daya tarik  investor untuk pengembangan usaha dalam bentuk perdagangan di Sumut maupun Sumbar,” ucapnya.

Dijelaskan, sebelum kegiatan diskusi,  digelar kegiatan Pengajian Majlis Taklim Gebu Minang Sumut,  dengan Penceramah Drs Yunus Daulay MA. (01)



Komentar Anda

Berita Terkini