MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Kepala Bakamla Sampaikan Keynote Speech dalam Seminar RUU Kamla

Harian 9 author photo



YOGYAKARTA| H9
Kepala Bakamla RI Laksdya Bakamla A. Taufiq R. menyampaikan Keynote Speech dalam Seminar Urgensi RUU Keamanan Laut Guna Mewujudkan Sinergitas Penegakan Hukum di Laut, D.I Yogyakarta, Kamis (28/2/2019).

Di hadapan Ketua Komisi 1 DPR Drs. H. Abdul Kharis Almasyhari, narasumber, peserta dari institusi terkait, dan para akademisi yang turut hadir sebagai peserta seminar, Laksdya Taufiq mengharapkan seminar ini dapat menjadi ajang diskusi yang dapat memberikan saran dari berbagai macam sudut pandang untuk terciptanya Undang-Undang yang ideal dalam keamanan dan penegakan hukum di laut.

Seminar yang mengundang lima narasumber menyampaikan materi tentang Sistem Keamanan Laut: Studi Komparatif oleh Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H., L.L.M., Ph.D., Penerapan Single Agency Multi Task Penegakan Hukum di Laut dalam Sistem Keamanan Laut oleh Dr. Nasrudin, S.H., M.M., Kebutuhan Masyarakat Maritim dalam Sistem Pengelolaan keamanan Laut oleh Anggota Komisi 1 DPR RI H. Sukamta, Ph.D., Sistem Keamanan Laut berdasarkan Hukum Laut International oleh Guru Besar UGM Prof. Marsudi Triatmodjo, S.H., L.L.M., dan Ketua Komisi 1 DPR RI Drs. H. Abdul Kharis Almasyhari memaparkan Sebuah Upaya Memperkuat Kelembagaan Bakamla.

Masing-masing paparan mendapatkan tanggapan oleh Sekjen INSA Budhi Salim dan perwakilan dari Kejaksaan Tinggi D.I. Yogyakarta Dandeni Herdiana, S.H., M.M. yang menjelaskan pengalamannya masing-masing terhadap aturan perundangan yang saat ini masih belum sejalan dengan penegakkannya.

Kegiatan seminar berlangsung dengan semakin produktif dengan dilontarkannya beberapa pertanyaan oleh mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM), Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), dan perwakilan dari Ditjen Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan. 

Di penghujung acara, Laksdya Taufiq memberikan sertifikat kepada narasumber kemudian menutup acara seminar.

"Jadikanlah seminar ini sebagai wujud keseriusan dalam menangani permasalahan yang timbul terkait pengelolaan keamanan laut, sehingga tercapainya laut yang aman dan nyaman untuk masyarakat dalam rangka terwujudnya tujuan nasional”, ujar Laksdya Taufiq menutup seminar.
(Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI Letkol Bakamla Mardiono)
Komentar Anda

Berita Terkini