MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Musrenbang Kabupaten Aceh Tamiang Tahun Anggaran 2020 Berjalan Sukses

Harian 9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, berjalan Sukses. Kegiatan itu dilaksanakan diruang sidang utama gedung DPRK Aceh Tamiang, Rabu (13/3/2018)

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Tamiang Drs. Rianto Waris dalam laporannya mengatakan, Pelaksanaan Musrenbang itu  dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020.  Tema dari kegiatan itu yakni, Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi melalui Optimalisasi Potensi Keunggulan Daerah Didukung Dengan Pembangunan Infrastruktur. 

"Maksud dilaksanakannya kegiatan Musrenbang itu adalah sebagai forum pertemuan antar pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program kegiatan pembangunan daerah. Sedangkan tujuannya adalah  menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Aceh Tamiang dengan arah kebijakan, prioritas, sasaran pembangunan Provinsi Aceh," ungkapnya.

Dikatakannya, klarifikasi usulan program  kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah kabupaten pada musrenbang RKPD di kecamatan dan menetapkan,  menyepakati prioritas pembangunan serta program  kegiatan prioritas daerah tahun 2020.

Dijelaskannya, undangan dan Peserta sekitar 250 orang  terdiri dari unsur, Anggota DPRK Aceh Tamiang;Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Camat beserta delegasi Kecamatan, BUMD, LSM, Ormas, Pers, tokoh masyarakat, dan perwakilan perempuan",jelasnya.

Kegiatan itu dibagi dalam 4 bidang, yaitu Kelompok I   Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam. Kelompok II Bidang Infrastruktur Kewilayahan. Kelompok III-A  Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia-I. Kelompok III-B Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia-II, dengan anggaran bersumber dari dana APBK Bappeda Kabupaten Aceh Tamiang tahun anggaran 2019,"  ungkapnya.

Sementara itu Dr. Ir. Ema Alemina, MP mewakili Bappeda Aceh Azhari, SE., MSi dalam sambutannya menyampaikannya, setiap kegiatan Pemerintah harus dipublikasikan, agar diketahui oleh masyarakat banyak. Dalam Musrenbang tidak bisa memberantas persoalan, seperti persoalan kemiskinan, tapi itu dapat diselesaikan dengan sebuah kebijakan secara langsung.

Selanjutnya, wakil Bupati Aceh Tamiang T. Insyafuddin, ST menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menyinkronkan arah pembangunan yang dimulai dari Kampung, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, dan Pusat.

"Bila ditinjau dari sisi makro, maka hal tersebut di Aceh Tamiang sudah berjalan dengan baik,",jelas Wakil Bupati dalam membacakan sambutan tertulis Bupati Aceh Tamiang. (Dani9)


Komentar Anda

Berita Terkini