MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Pahami Gejala Kanker Pada Anak Sejak Dini

harian9 author photo
Tercatat, kanker sebagai penyebab kematian kedua pada anak pada usia 5 sampai 14 tahun. Bahkan setiap tahun ada 160 ribu anak penderita kanker di dunia dan 90 ribunya meninggal dunia. 



MEDAN| H9
Setiap tahun angka penderita kanker pada anak mengalami peningkatan. Tercatat, kanker sebagai penyebab kematian kedua pada anak pada usia 5 sampai 14 tahun. Bahkan setiap tahun ada 160 ribu anak penderita kanker di dunia dan 90 ribunya meninggal dunia. 

Hal itu terungkap dalam kegiatan Sosialisasi deteksi dini kanker pada anak, yang dilaksanakan Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) dengan Lembaga Pemberdayaan Perempuan Lanjut Usia (LPPLU) Sumut dan Medan di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Medan dengan jumlah peserta 100 orang dari berbagai organisasi perempuan di Medan, Selasa (5/3/2019).

Hadir, Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan, Mariance, Ketua LPPLU Sumut Hj Halimah Hutagalung, Ketua LPPLU Kota Medan Fahriar Harahap dan narasumber dalam kegiatan, Prof. dr.Bidasari Lubis Sp.AK.
  
Pembicara Prof.dr.Bidasari Lubis menyebutkan, dengan tingginya angka penderita kanker pada anak, hendaknya perlu melakukan pengawasan pada anak sejak dini. Selain itu, orang tua harus rajin memeriksakan kesehatan anak dan tidak anggap remeh atas keluhan anak.
  
"Kanker itu akibat pertumbuhan sel jaringan tubuh yang tidak normal, berasal dari satu sel yang membelah tidak terkontrol ,berubah bentuk dan tumbuh ke organ lain. Maka, seringkali munculnya tidak disadari saat diperiksa sudah pada stadium tinggi," katanya.
  
Karenanya, sambung dia, perlu pencegahan dan deteksi sejak dini serta pengobatan, agar terjadi pengurangan penyakit dan kematian akibat kanker setidaknya di tahun 2020 mendatang. Selain itu meningkatkan kewaspadaan dan edukasi mengenai kanker pada awam, masyarakat, tenaga kesehatan, pemerintah di seluruh dunia.
  
Sebelumnya, Plt Kadis Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan, Mariance menyambut positif atas kegiatan ini, sehingga pengetahuan tentang kanker terutama pada anak, dapat dimengerti dan dipahami, terutama oleh orang tua dan para lansia (kakek dan nenek) yang lebih peduli pada anak (cucu).
    
"Pengetahuan tentang kanker termasuk gejala yang muncul, sangat perlu diketahui, terutama kakek-nenek yang selalu menjaga cucunya," jelasnya.
  
Sementara itu Ketua LPPLU Sumut Hj Halimah Hutagalung dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian lansia terhadap generasi muda bangsa, agar terhindar dari penyakit kanker. 

"Angka penderita kanker pada anak yang meningkat, menggugah LPPLU untuk memberikan sosialisasi, harapanya agar semua keluarga dapat memberikkan perhatian pada kesehatan anak, serta segera konsultasi kepada dokter anak bila ada masalah serius pada kesehatan mereka" pungkasnya.(Jae9)




Komentar Anda

Berita Terkini