MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

PRSU 2019, Tapsel Tampilkan Kopi Sebagai Produk Unggulan

Harian 9 author photo
Gubsu Edy Rahmayadi bersama pejabat Pempropsu dan Wakil Bupati Tapsel Ir. Aswin Efendi Siregar saat mengunjungi stand PRSU Kabupaten Tapsel di Tapian Daya Jalan Jenderal Gatot Subroto Medan baru-baru ini. (Foto: Riswandy)

TAPSEL| H9
Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menampilkan kopi sebagai produk unggulan pada ajang Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Tahun 2019, di Tapian Daya Jalan Jenderal Gatot Subroto Medan.

"Untuk PRSU tahun ini yang mengusung tema, ‘PRSU Now Lebih Keren Dengan Pesona Sumatera Utara yang Bermartabat’, Kabupaten Tapsel menampilkan produk unggulan kopi dengan berbagai atraksi bernuansa kopi seperti, Kampung Kopi, talkshow coffe, edukasi kopi, dll,“ ujar Kabag Humas Tapsel Isnut Siregar, Jumat (15/3).

Menurut Isnut, bahwasanya PRSU tahun ini, Pemkab Tapsel menampilkan beberapa produk unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang salah satu produk unggulannya adalah Kopi Sipirok, dimana Kopi Sipirok telah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kemenkumham.

“Dengan terbitnya IG, produk Kopi Sipirok akan mampu bersaing dengan kopi-kopi lain baik di pasar lokal maupun mancanegara dan yang pasti, label Kopi Sipirok akan lebih dikenal dan tidak dapat ditiru oleh pihak lain,” terangnya.

Isnut menambahkan, selain Kopi Sipirok, stand Tapsel juga menampilkan beberapa produk kerajinan seperti kain tenun, pandai besi dan beberapa produk unggulan lainnya dan Pemkab Tapsel siap menjadi tuan rumah nantinya.

“Kita harus menjadi tuan rumah yang baik untuk pengembangan usaha dan pertanaman kopi di Sumatera Utara. Dengan demikian saya yakin masyarakat pengunjung juga akan semakin cinta akan produk lokal dan apabila masyarakat sudah cinta dengan produk lokal maka pendapatan dan kesejahteraan bagi petani kopi maupun pengrajin yang ada di Tapsel akan lebih meningkat,“ jelas Isnut.

Seperti diketahui, sebelumnya, pembukaan PRSU 2019 ditandai dengan pemukulan Gondang Sembilan oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Wakil Ketua TP PKK Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Sekdaprov Sumut Sabrina, dan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bertekat ingin menampilkan PRSU menjadi hajatan yang ditunggu-tunggu oleh rakyat dan warga Sumut, sehingga dalam pelaksanaannya tidak boleh setengah hati dan diharapkan juga pengunjung yang datang harus 4-5 kali lebih baik.

Diikatakannya, PRSU tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya setiap Kabupaten digilir berurutan untuk menjadi tuan rumah, kali ini langsung diambil alih oleh Promotor Media Kreasi Nusantara sehingga bisa dikelola dengan baik.

Gubernur juga mengajak kepada seluruh Bupati/Walikota se-Sumut untuk lebih peduli terhadap keberlangsungan PRSU. 

“Tempat ini harus terawat, harus dibuat tempat yang menyenangkan rakyat, saya rasa bisa, bupati dan walikota ayo kita pikirkan bersama,“ ucap Gubsu. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 







Komentar Anda

Berita Terkini