MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Satgas TMMD Ke 104 Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar SMPN 4 Sumberjambe

harian9.com author photo



JEMBER| H9
Bertempat di aula Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Sumberjambe, di Dusun Gayasan Desa Gunung Malang Kec Sumberjambe Kabupaten Jember sebagai lokasi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 104, pada Senin 04/03/2019 Pukul 08.00 Wib dilaksanakan pemberian Wawasan Kebangsaan (Wasbang), kepada siswa-siswi sekolahan terebut.

Pemberian materi Wawasan Kebangsaan dan kedisiplinan tersebut merupakan bagian dari program non fisik TMMD Ke 104 di Desa Gunung Malang.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya pemateri Utami S Kepala Bidang Wawasan Kebangsaan dan HAM Bakesbangpol Pemerintah Kabupaten Jember, Serma Iwan Abdilah Staf Teritorial Kodim 0824, hadir sebagai pendamping Komandan Kompi Satuan Tugas (Satgas) TMMD Kapten Inf Suwarno, dan ddukti oleh 60 pelajar sekolah tersebut.

Utami S memberikan materi Bela Negara dan Cinta Tanah Air, pada materi ini Utami S mengajak adik-adik untuk memahami permasalahan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia saat ini, bagaimana kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia dalam perannya pada bela negara, serta mempertahankan Pancasila sebagai Idiologi negara.

Dari berbagai permasalahan tersebut sebagai generasi penerus bangsa adik-adik hendaknya belajar dengan tekun dan rajin sesuai kewajibannya sebagai pelajar, menjaga persatuan dan kesatuan, serta hidup dengan membudayakan hormat dan menghormati satu sama lainnya.

Sementara itu Serma Iwan Abdilah memberikan materi kedisiplinan serta tata upacara sekolah, apa pentingnya kedisiplinan dan bagaimana upacara yang benar, baik dalam bersikap dalam upacara maupun saat penghormatan yang benar. 

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar sekaligus sebagai Komandan Satgas TMMD menyampaikan teruma kasih kepada pasukan Satgas TMMD dan Pendukung yang telah melaksanakan tugasnya sesuai jadwal kegiatan yang ada, disamping membangun insfrastruktur dalam TMMD Ke 104 ini juga dilakukan pembinaan sumberdaya manusia diantaranya pembekalan wasbang tersebut.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan bahwa dengan pembinaan wawasan kebangsaan tersebut diharapkan Desa Gunung Malang disamping memiliki insfrastruktur yang lebih memadai juga memiliki sumberdaya manusia yang memiliki kedisiplinan tinggi, kemantapan bela negara dan rasa cinta tanah air, sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Siswandi)
Komentar Anda

Berita Terkini