MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 Mengucapkan Selamat Berbahagia atas Resepsi Pernikahan WIWID WIDODO dan NANI AFRIDA br GINTING, SH. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah"

Asprindo Sumut Ikuti Pameran di Prancis Dengan Enam Produk Unggulan

HARIAN9 author photo
MEDAN  |H9
Sejumlah enam produk unggulan  dari Asosiasi Pengusaha Bumiputera Nusantara Indonesia (Asprindo) Sumut akan mengikuti pameran produk yang digelar akhir April ini di Prancis. 

Direktur Trading House Asprindo untuk Sumatera, Kabir Bedi, menuturka keenam produk tersebut masing-masing, minuman siap saji markisa, kue bakpao kering, kayu manis, cengkeh, merica dan dodol, katanya di Medan, Selasa (16/4/2019). 

Rempah-rempah sebutnya menjadi salah satu produk unggulan dari Sumatera Utara. Karena daerah ini kaya akan rempah-rempah. 

"Kalau kita itu kan yang banyak rempah, karena Sumatera ini kaya akan rempah. Sehingga harus dimanfaatkan rempah ini dikirim ke luar," jelasnya. 

Selain itu juga produk usaha kecil menengah (UKM) seperti dodol dari daerah Langkat, Serdangbedagai juga akan berpartisipasi dalam pameran ini. 

Sebenarnya sambung Kabir, berdasarkan hasil rapat, ada tujuh produk yang ditentukan untuk mengikuti pameran ini. "Tapi satu produk sepatu, batal berangkat. Dan akan berangkat pada priode berikutnya," ujar Kabir. 

Dalam pameran yang berlangsung selama 10 hari itu, Asprindo  sebutnya mendapatkan kemudahan dan berkesempatan mengadakan deklarasi Vegan Certificate. Deklarasi ini dalam artian membuat pernyataan, penjelasan komposisi yang terkandung dalam produk tersebut.

"Jadi kita akan membuat deklarasi yang akan ditandatangani oleh otoritas yang berwenang di Prancis," ujarnya. 

Vegan Certificate ini sambung Kabir, berfungsi sebagai pengakuan kualiti produk (komposisi bahan-bahan yang terkandung di dalam produk tersebut) untuk produk makanan dan minuman. Vegan Certificate yang sudah diisi ini akan diperiksa oleh otoritas yang berwenang di Prancis untuk selanjutnya disahkan.  Sertifikat tersebut, nantinya dapat digunakan oleh pengirim produk untuk negara-negara tujuan ekspor lainnya di Eropa. 

"Target awal kita memperkenalkan dan promosi. Nanti akan ditindaklanjuti oleh delegasi yang berangkat ke sana. Kalau ada pemesanan kita akan follow up dan kita kirim sampelnya. Ini kemungkinan melalui B to B, antara trading house dengan pengusaha di sana langsung,"pungkasnya.(Jae9)

Komentar Anda

Berita Terkini