MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

BP Tapera Lantik 5 Pejabat Baru

harian9.com author photo

JAKARTA| H9
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono, selaku Ketua Komite Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) melantik lima pejabat baru yaitu Adi Setianto (Direktur BTN 2015-2018) selaku Komisioner Badan Pengelola (BP) Tapera, Eko Ariantoro (Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK) sebagai Deputi Komisioner Bidang Pengerahan Dana, Gatut Subadio (Direktur Utama Koperasi Kesehatan Pegawai dan Pensiun Bank Mandiri) sebagai Deputi Komisioner Bidang Pemupukan Dana, Ariev Baginda Siregar (Dosen Indonesian Institute for Corporate Directorship) sebagai Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana, dan Nostra Tarigan (Direktur Operasi PPDPP) sebagai Deputi Komisioner Bidang Hukum dan Administrasi.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi serta Sonny Loho selaku anggota Komite Tapera hadir dalam acara pelantikan Komisioner dan 4 Deputi Komisioner BP Tapera di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), Jakarta, Jumat (29/03).

Seusai melantik, Menteri Basuki menjelaskan bahwa untuk tahap awal, dana yang dikelola BP Tapera berasal dari keanggotaan PNS, TNI dan Polri yang sebelumnya dikelola oleh Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum) dan Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri). 

“Hal ini bertujuan agar BP Tapera bisa membangun kredibilitas organisasi terlebih dahulu bagaimana mengelola uang dalam jumlah besar, baru nanti tabungan dari masyarakat yang lebih luas,” katanya.

Menteri Basuki berharap agar BP Tapera dapat berkolaborasi dengan lembaga lain dan mengambil peran dalam penyediaan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

Dalam kesempatan tersebut, Menkeu mengatakan telah menganggarkan dalam APBN 2019 sebesar Rp.2,5 triliun sebagai Penyertaan Modal Negara (PMN) di BP Tapera. 

“Untuk pencairannya akan diatur dengan peraturan pemerintah. Saya juga mengucapkan selamat bekerja karena tugasnya banyak sekali,” kata Menkeu. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 

(Foto: kemenkeu)



Komentar Anda

Berita Terkini