MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Bupati Kukuhkan Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Paluta

harian9.com author photo

PALUTA| H9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi mengukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Unit Pemberantasan Pungli (UPP) kabupaten Paluta di aula kantor Bupati Paluta, Kamis (11/4).

Dalam pengukuhan tersebut, turut hadir wakil Bupati Paluta H Hariro Harahap SE MSi, Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH, Wakapolres Tapsel yang juga ketua UPP Satgas Saber Pungli Kompol Jumanto SH MH, Kajari Paluta Rizal S Nyaman yang diwakili Kasi Intel Sutan SP Harahap SH, Pabung Dandim 0212 TS Mayor Hasran Harahap, ketua MUI Paluta, pimpinan OPD Paluta, camat se Paluta beserta undangan lainnya.

Berdasarkan surat keputusan Bupati Paluta nomor 180.34/53/K/2019 tentang pembentukan Satgas Saber Pungli kabupaten Paluta tahun 2019 menetapkan bahwa ketua pelaksana UPP Satgas Saber Pungli kabupaten Paluta dijabat oleh Wakapolres Tapsel.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pengukuhan Satgas Saber Pungli kabupaten Paluta ini merupakan rangkaian dari proses pencapaian Paluta yang Beriman, Cerdas, Maju dan Beradat sebagai tuntunan kerja dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih melalui tata kelola pemerintahan yang akuntabel yang ditunjukkan dengan tertib administrasi dan bebas dari korupsi.

Katanya, pungli bukan hanya perbuatan menyimpang yang menghambat pelayanan publik dan menjadikan ekonomi biaya tinggi dan telah menggerus kepercayaan publik.

“Upaya pemberantasan dan pencegahan pungli merupakan hal yang sangat penting yang harus kita lakukan bersama untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih,” katanya.

Lanjutnya, beberapa faktor yang mendorong terjadinya pungli antara lain secara aspek manusia yaitu sifat tamak, moral yang kurang kuat, penghasilan yang kurang mencukupi, kebutuhan hidup yang mendesak, gaya hidup yang konsumtif, malas atau tidak mau bekerja serta ajaran agama yang kurang diterapkan.

Kemudian, aspek organisasi yakni kurang adanya sikap keteladanan pimpinan, tidak adanya kultur organisasi yang benar, sistem akuntabilitas yang benar di instansi pemerintah yang kurang mrmadai dan kelemahan sistem pengendalian manajemen.

“Salah satu yang menjadi faktor pendorong terjadinya pungli adalah persoalan integritas atau kejujuran. Karena itu, integritas harus dimulai di setiap ketahanan unit kerja dan jiwa dari integritas adalah agama,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama memberantas pungli di kabupaten Paluta, karena tugas ini tidak hanya dibebankan pada aparat penegak hukum saja. Namun pemerintah, pihak swasta beserta seluruh elemen masyarakat harud ikut terlibat dalam memberantas penyakit pungli.

“Selamat bertugas, mari bersama-sama menghadirkan komitmen untuk memberantas pungli hingga nantinya menjadi budaya baru yakni budaya anti pungli,” ucapnya.

Senada, ketua pelaksana UPP Satgas Saber Pungli kabupaten Paluta Wakapolres Tapsel Kompol Jumanto SIK MH dalam arahannya mengharapkan tim Satgas Saber Pungli yang baru dikukuhkan ini dapat bekerja maksimal sehingga berguna bagi peningkatan pelayanan masyarakat oleh aparatur negara.

Ia juga berpesan, agar nantinya tim satgas Saber Pungli kabupaten Paluta lebih memfokuskan upaya dan tindakan pencegahan terjadinya praktek pungli dan mengajak seluruh kalangan untuk ikut berperan aktif dalam upaya pemberantasa praktek pungli khususnya di kabupaten Paluta.

“Bekerja dengan maksimal, pencegahan lebih baik daripada penindakan. Pungli adalah musuh bersama, Stop Pungli,” tegasnya.

Sebelumnya, ketua panitia pelaksana kegiatan yakni Kepala Inspektorat Paluta Husni Afgani Hutasuhut yang diwakili Irban I Lairar Rusdi Nasution SSTP dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan adalah SK Bupati Paluta Nomor : 180.34/53/K/2019 tanggal 21 Januari 2019 tentang pembentukan Satgas Saber Pungli kabupaten Paluta tahun 2019.

Tujuannya antara lain terlaksananya amanat Peraturan Presiden RI nomor 87 tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli.

Pantauan, pengukuhan ditandai dengan pemasangan rompi dan penyematan pin oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi kepada perwakilan anggota Satgas Saber Pungli kabupaten Paluta. (Dek9)
Editor: Mardan H Siregar

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi saat menyematkan pin kepada perwakilan anggota UPP Satgas Saber Pungli kabupaten Paluta yang baru dikukuhkan, Kamis (11/4). (Foto: Akhir S Rambe)



Komentar Anda

Berita Terkini