MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Gubernur Sumut Pantau UN Tingkat SMA Edy: Saya Yakin Siswa Kita Punya kemampuan Untuk Bersaing

HARIAN9 author photo
MEDAN I H9
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi pantau Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sumatera Utara (Sumut). Sebanyak 146.888 siswa SMA sederajat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari ini, Senin (¼).

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, yakin siswa-siswi di Sumut mempunyai kemampuan untuk bersaing demi masa depannya. 


“Hari ini siswa kita sedang melaksanakan UN, sehingga kita tahu standart siswa kita melalui ujian ini. Bahkan semua materi ujian sama se-Indonesia. Sehingga kita tahu nanti kita berada di peringkat mana dan akan kita  evaluasi ke depan. SAya akan ikuti terus dan cermati hasilnya bagaimana,” katanya pada awak media.


Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Medan, Drs.Suhairi, Mpd mengatakan jumlah siswanya yang ikut dalam pelaksanaan UNBK tahun ini sebanyak 579 siswa dan ujian dilakukan dengan 3 sesi mengingat komputer yang dimiliki sekolah hanya 210 unit.

"Ujian tahun ini kita laksanakan 3 sesi Karena komputer kita hanya ada 210 unit.  Dan, hari ini Ujian digelar serentak mulai pukul 7.30 wib sampai pukul 16.00 wib. Sedangkan mata pelajaran diujikan adalah Bahasa Indonesia," imbuhnya.

Suhairi mengharapkan semua siswanya lulus UNBK juga dapat diterima di perguruan tinggi negeri baik di Sumut maupun perguruan tinggi di luar Sumatera. 

"Dari kuota nasional 20 persen yang berjumlah 117 siswa sebanyak  71 orang masuk jalur undangan. Diantaranya ada yang masuk kedokteran USU, kedokteran hewan IPB, ITB dan lainnya," terangnya.

Sementara itu, Selain bagi siswa yang tidak lulus SNMPTN, diharapkan siswanya mencoba dan lulus di ujian jalur mandiri dan Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (sbmptn). 

"Kita tunggu jadwalnya dari pemerintah dan Kita harapkan anak-anak kita lulus di perguruan tinggi dan bagi yang tidak lulus perguruan tinggi saya menghimbau  sebaiknya agar melanjutkan pendidikan," pungkasnya. (Jae9)

Komentar Anda

Berita Terkini