MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 MENYAMPAIKAN TURUT BERDUKA CITA ATAS WAFATNYA BAPAK PROF. Dr. Ing H. BJ. HABIBIE. IN SYAA ALLAH HUSNUL KHATIMAH. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN TEMPAT TERBAIK DI SURGA-NYA. AAMIIN"

H-7 Pemilu 2019, Batas Akhir Layanan Pemilih yang Akan Pindah Memilih.

HARIAN9 author photo
TAPSEL |H9
Bagi pemilih yang ingin pindah memilih, ditentukan paling lambat tanggal 10 April 2019 Pukul 16.00 Wib atau tujuh hari sebelum hari H (H-7) pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 17 April 2019.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Panataran Simanjuntak, M.Hum melalui Komisioner KPU Divisi Perencanaan Data dan Informasi Efendi Rambe, M.Kom, Kamis (4/4)

Menurutnya, layanan pindah memilih mengacu kepada putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia Nomor : 20/PUU-XVII/2019, tanggal 26 Maret 2019, yang ditindaklanjuti dengan surat edaran KPU RI No. 577/PL.02.1-SD/01/KPU/III/2019 tanggal 29 Maret 2019 tentang tindak lanjut putusan MA RI.

" Melalui surat edaran tersebut KPU Kabupaten Tapsel menyampaikan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Tapsel, bahwa pengurusan pindah memilih dapat dilakukan sampai 7 hari sebelum hari pemungutan suara pukul 16.00 Wib, " ujar Efendi Rambe.

Ia menjelaskan, ada 4 kriteria untuk pindah memilih yang dapat diakomodir, yakni, warga yang sedang sakit dan menjalani rawat inap di rumah sakit atau Puskesmas, tertimpa musibah bencana alam, menjadi tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau Rumah Tahanan (Rutan), serta sedang menjalankan tugas pada saat pemungutan suara.

" Apabila ada pemilih sesuai kriteria yang disebutkan dapat melaporkan kepada PPS/KPU agar didaftarkan ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan akan diberikan formulir A.5.KPU untuk dibawa pada saat pemungutan suara di TPS tujuan, " tuturnya.

Disamping itu juga katanya, untuk kriteria sedang menjalankan tugas pada hari pemungutan suara adalah pemilih yang sedang melakukan tugas kepemiluan dan non kepemiluan dibuktikan dengan surat tugas dari instansi yang menugaskan pemilih tersebu. Kemudian, bagi warga yang belum terdaftar di DPT dan DPTb masih bisa didaftar ke dalam daftar pemilih khusus (DPK) sesuai dengan domisili di KTP-el yang bersangkutan. 

Adapun syaratnya adalah memiliki KTP-El. Untuk pada hari H pemungutan suara warga dapat menggunakan Surat Keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tapsel dan didaftar ke DPK juga harus sesuai dengan domisili yang tertera dalam Suket tersebut.

" Oleh karena itu, dihimbau kepada seluruh warga/pemilih untuk bersegera mengurus administrasi pindah memilih. Bila masih ada hal yang kurang jelas, kami sangat menantikan kehadiran bapak/ibu di kantor kami, Jalan Willem Iskandar Kelurahan Sadabuan Kota Padangsidimpuan,” imbaunya. (Wan9)

Komentar Anda

Berita Terkini