MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Ketua MPI Tapsel Pimpin Deklarasi Anti Hoax Pemuda

HARIAN9 author photo
TAPSEL |H9
Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Malik Assalih Harahap, ST, memimpin deklarasi anti hoax pemuda Tapsel yang diselenggarakan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tapsel, pada ajang Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Tapsel di aula Hotel Tor Sibohi Sipirok, Senin (8/4) lalu.

Deklarasi bersama yang diikuti seluruh komponen pemuda di Kabupaten Tapsel rersebut, dihadiri Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, Wakapolres Tapsel Kompol. Jumanto, SH,MH, Ketua KNPI Sumatera Utara (Sumut) diwakili Yul Asmara Pane, Ketua KNPI Tapsel Hajrul Aswat Siregar, Sekretaris KNPI Tapsel Doli Pasaribu dan pimpinan OKP se Tapsel.

Adapun poin-poin deklarasi pemuda anti hoax tersebut yakni, Kami pemuda Tapsel, menolak segala bentuk berita bohong yang menimbulkan rasa kebencian, permusuhan berlatarbelakang suku, sgama, ras dan antar golongan (SARA). Menyampaikan berita yang benar sesuai fakta yang terjadi, tidak menyebarkan berita hoax dan fitnah.

menggunakan media sosial secara bijak, santun dan cerdas. Mendukung Polri untuk menindak tegas kepada pelaku penyebar hoax. Senantiasa menjaga situasi dan kondisi Tapsel tetap damai dan klndusif. Bekerjasama dengan semua pihak untuk menyajikan berita kepada masyarakat dengan cara menolak, menangkal dan menghentikan informasi yang tidak benar (hoax), baik berupa gsmbar, foto atau ilustrasi yang menimbulkan rasa kebencian, permusuhan yang berlatarbelakang SARA.

Terkait dengan deklarasi anti hoax itu, Ketua MPI Tapsel Malik Assalih Harahap, ST mengatakan hal itu sengaja dilakukan agar menyadarkan masyarakat, terutama para pemuda soal dampak dari hoax tersebut yang akhir-akhir ini semakin merajalela di media sosial (medsos), khususnya jelang Pemilu 2019.

" Penyabaran hoax ataupun ujaran kebencian itu sanksinya melalui pidana UU ITE. Oleh karena itu, saya berharap kita semuanya khususnya pemuda di Kabupaten Tapsel, mulai membangun diri secara produktif, demikian juga dengan pola pikir harus pola pikir konstruktif dan pola pikir positif. Saya rasa itu akan menjadi bagian dari fondasi untuk menjadi bangsa yang besar, kokoh, kuat, dan berkemajuan, " terang Malik. (Wan9)

Komentar Anda

Berita Terkini