MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Kurangnya Persediaan, Harga Cabai Merah dan Bawang di Medan Bertahan Mahal

harian9.com author photo

MEDAN| H9
Untuk saat ini harga cabai merah memang masih bertahan mahal dalam rentang Rp.30 ribu hingga Rp.35 ribu rupiah per kg. Permasalahan kenaikan harganya sendiri masih dipengaruhi oleh faktor persediaan yang berkurang belakangan ini.

Menurut Ketua Pemantau Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, harga cabai merah itu idealnya ada dalam rentang Rp.25 hingga Rp.30 ribu per kg. Namun saat harga cabai naik saat ini, petani akan mendapatkan berkah setelah sebelumnya petani dirugikan dari pelemahan harga cabai yang sempat menyentuh Rp.10 ribu per kg.

"Kita akan pantau dalam waktu dekat perkembangan harga cabai tersebut. Karena memang semua jenis cabai mengalami kenaikan. Termasuk cabai rawit yang harganya saat ini menyentuh Rp.36 ribu per kg," katanya di Medan, Senin (8/4/2019).

Disebutkannya, selain harga cabai, harga bawang juga mengalami kenaikan dalam rentang yang tidak jauh berbeda. Saat ini baik bawang putih maupun bawang merah mengalami kenaikan, harganya berkisar Rp.30 ribu hingga Rp.35 ribu per kg.

"Kenaikan harga bawang tersebut juga dipengaruhi oleh masalah persediaan yang mengalami penurunan. Bawang dan cabai masih berpeluang menyumbang inflasi di bulan ini. Namun kita masih membutuhkan konfirmasi harga hingga akhir bulan. Karena harga sejauh ini masih belum final dan masih berpeluang berubah dalam waktu dekat," ungkapnya.

Gunawan berpikir jika ingin dilakukan sidak, boleh boleh saja. Namun sidak belum akan efektif menekan harga cabai. Karena ini masalah pasokan. Bukan karena aksi spekulasi yang berlebihan. 

"Saya melihat harga cabai masih dalam batas harga mahal yang sejauh ini masih terkendali,namun begitupun,diharapkan kedepan dapat turun perlahan dengan mulainya pasokan di beberapa daerah pangan," imbuhnya. (Jae9)
Editor: Mardan H Siregar

Ketua Pemantau Pangan Sumut, Gunawan Benjamin. (Foto: Jaenal Abidin)



Komentar Anda

Berita Terkini