MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Lindawati : Panwaslih Akan Terus Melakukan Monitoring Pada Setiap Tahapan Pemilu

HARIAN9 author photo
Aceh Tamiang lH9
Saat ini tahapan pemilu telah memasuki masa kampanye rapat umum, tahapan ini berlangsung selama 21 hari dimulai sejak tanggal 24 Maret sampai dengan 13 April 2019 dan pantauan Panwaslu kegiatan tersebut belum dimanfaatkan",jelas Lindawati pada para Wartawan melalui jaringan WhatsApp pribadi. Sabtu (6/4/2019).

Lindawati,M.Pd Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga Panwaslu Aceh Tamiang menyampaikan,"meski telah memasuki hari ke 14 dari total 21 hari masa kampanye, belum ada salah satupun dari peserta Pemilu yang melaksanakan kegiatan  Kampanye Rapat Umum atau masih Nihil, walau jadwal dan lokasi kampanye telah ditetapkan oleh KIP Aceh Tamiang dalam Surat Keputusan KIP Aceh Tamiang, Nomor : 60/PL 04.1- Kpt/116/KIP-KAB/III
/2019 Tentang Penetapan Jadwal dan Tempat Pelaksanaan Kampanye Rapat Umum Peserta Pemilihan Umum tahun 2019",jelasnya.

"Meskipun  demikian Panwaslih Aceh Tamiang senantiasa terus melakukan monitoring selama masa tahapan ini, karena kampanye rapat umum rentan terhadap pelanggaran, ada aturan dan ketentuan tentang pelaksanaannya, materi kampanyenya, peserta serta pelaksananya.

"Untuk materi kampanye bagi para Juru Kampanye  (Jurkam) dilarang untuk menghina, menghasut, mengadu domba antar sesama peserta pemilu, menyebarkan berita bohong (hoak) dan ujaran kebencian, mempersoalkan dasar negara, Pancasila dan UUD 1945, memberikan juga menjanjikan uang  ataupun materi lainnya, memobilisasi anak dibawah umur, menganjurkan,  mengancam serta menggunakan kekerasan, menggunakan fasilitas dan anggaran negara, berkampanye ditempat ibadah, fasilitas pendidikan, kampanye diluar jadwal serta bukan dilokasi yang telah ditetapkan.

Lindawati juga menyampaikan,"Kampanye rapat umun terbuka ini kita harapkan bukan hanya sekedar mobilisasi masa dan penyampaian janji-janji politik, lebih jauh diharapkan menjadi wadah dan sarana pendidikan politik yang dapat mencerdaskan masyarakat pemilih, karena kampanye rapat umun terbuka ini bersipat umum, melibatkan banyak masa dan dilaksanakan ditempat terbuka, tentu rawan terjadi konflik dan gesekan antar pendukung, dihimbau juga pada semua yang terlibat untuk melaksanakannya dengan damai, tertib, aman dan nyaman, tidak mengganggu ketertiban umum",ungkapnya.

"Untuk pengawasan pelaksanaan tahapan rapat umum terbuka, Panwaslih Kabupaten melibatkan semua jajaran hingga ke pengawas kampung dan terus membekali juga meningkatkan kapasitas para pengawas dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

Lindawati menambahkan,"disela- sela masa kampanye terbuka, Panwaslu Kabupaten melaksanakan bimbingan dan pembekalan bagi panitia Pengawas Kecamatan untuk pengawasan kampanye rapat umum terbuka, serta pembekalan lain yang diperlukan",ungkapnya. (Dani 9)

Komentar Anda

Berita Terkini