MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 Mengucapkan Selamat Berbahagia atas Resepsi Pernikahan WIWID WIDODO dan NANI AFRIDA br GINTING, SH. Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah"

Masa Tenang, Bawaslu Paluta Tertibkan APK

HARIAN9 author photo
PALUTA |H9
Memasuki masa minggu tenang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) kembali melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) peserta Pemilu mulai dari calon Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten, Minggu (14/4).

Penertiban APK yang melibatkan personil Satpol PP,  aparat keamanan TNI dan Polri, Kejari Paluta, anggota Bawaslu kecamatan beserta panitia pengawas lapangan (PPL) di seluruh wilayah kabupaten Paluta ini diawali dengan apel patroli pengawasan anti politik uang di halaman kantor Bawaslu Paluta.

Ketua Bawaslu Paluta Panggabean Hasibuan SH mengatakan, usai apel patroli pengawasan, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan konvoi dan orasi untuk mengajak masyarakat menolak politik uang (money politik).

Konvoi dan orasi tolak politik uang yang diikuti oleh seluruh pihak yang terlibat dibagi atas tiga tim yang mengambil rute Gunungtua-Halongonan dan Gunungtua-Portibi serta rute Gunungtua-Sipupus.

“Sebelum melakukan penertiban APK, terlebih dahulu kita melakukan apel patroli yang dilanjutkan konvoi dan orasi mengajak masyarakat untuk menolak politik uang,” jelasnya.
Lanjutnya, setelah melakukan konvoi dan orasi, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan penertiban APK karena masa kampanye telah berakhir dan saat ini sudah memasuki masa minggu tenang dari 14 hingga 16 April mendatang.
Dikatakannya, penertiban APK serta patroli pengawasan politik uang ini dijadwalkan akan dilaksanakan selama 3 hari ini yakni hingga 16 April mendatang.
“Selain menertibkan APK berupa baliho dan spanduk, kita juga menertibkan mobil yang di branding dan atribut kampanye lainnya,” katanya.
Senada, komisioner Bawaslu Paluta divisi Pengawasan, Humas dan Hubal MusMuliadi Siregar SHi didampingi komisioner divisi OSDM, Data dan Informasi Rizky Athia Arfa Harahap mengatakan, sebelumnya pihaknya telah menyampaikan surat imbauan kepada para peserta Pemilu 2019 mulai dari Caleg, Parpol dan tim pemenangan dari Pasangan Capres 01 dan 02 yakni Jokowi-Makruf  dan Prabowo-Sandi pada saat memasuki masa tenang.
Dikatakannya, pelaksanaan penertiban APK ini dilaksanakan diseluruh wilayah kabupaten Paluta serta dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.
“Sebelumnya kita sudah mengimbau para peserta Pemilu untuk menertibkan sendiri APK miliknya dan bagi yang tidak menghiraukan, mulai hari ini hingga 16 April akan kita bersihkan,” ujarnya.
Mus Muliadi juga mengatakan bahwa selain melakukan penertiban APK peserta Pemilu, pihaknya juga melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap praktek politik uang (money politik) serta pencegahan atas potensi kerawanan terjadinya pelanggaran ataupun permasalahan dalam pelaksanaan Pemilu 2019.
Pada kesempatan ini, ia juga mengimbau masyarakat agar bersama untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang dan menolak praktek money politik yang dianggap merusak citra dan nilai demokrasi khususnya di kabupaten Paluta.
“Mari bersama mengawasi Pemilu, tolak politik uang yang merusak nilai demokrasi. Tentukan pilihannu, karena suaramu menentukan masa depan Bangsa Indonesia, Salam awas!,” tegasnya.
Pantauan, usai melakukan konvoi dan orasi tolak politik uang, seluruh personil langsung menyebar melakukan penertiban dan pembersihan terhadap APK milik caleg,calon DPD maupun pasangan capres dan cawapres yang masih terpasang di seluruh wilayah kabupaten Paluta secara bertahap

Komentar Anda

Berita Terkini