MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT* SELURUH JAJARAN PEMIMPIN UMUM, PEMIMPIN REDAKSI, WARTAWAN DAN KARYAWAN HARIAN9 MENYAMPAIKAN TURUT BERDUKA CITA ATAS WAFATNYA BAPAK PROF. Dr. Ing H. BJ. HABIBIE. IN SYAA ALLAH HUSNUL KHATIMAH. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN TEMPAT TERBAIK DI SURGA-NYA. AAMIIN"

PANWASLIH Perkuat Pengawasan Masa Tenang Dan Distribusi Logistik.

HARIAN9 author photo
Aceh Tamiang IH9
Pelaksanaan pemungutan serta penghitungan suara pada pemilu 2019 yang merupakan puncak dari tahapan pemilu kini semakin dekat dan tahapan kampanye rapat umum terbuka akan berakhir pada tanggal 13 April 2019, selanjutnya akan memasuki masa tenang yaitu pada tanggal 14 sampai dengan 16 April 2019.

Lindawati, M.Pd koordinator divisi pengawasan dan hubungan antar lembaga Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang melalui jaringan WhatsApp pribadi mengatakan," terkait untuk meningkatkan pemahaman pengawasan pendistribusian logistik Pemilu juga pengawasan masa tenang, Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang telah melaksanakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi Panitia Pengawas Kecamatan (PANWASCAM) pada hari Sabtu 6 April 2019 di Hotel Morielisa Karang Baru dengan menghadirkan Ketua KIP Aceh Tamiang, Perwakilan Polres,  Panwaslih Aceh Tamiang sebagai nara sumber. Sabtu (7/4/2019).

"Selain pengawasan rapat umum terbuka, setidaknya ada dua fokus pengawasan yang sedang dan akan  dilaksanakan, yaitu pertama pengawasan pendistribusian logistik pemilu sebagai alat juga sarana pemungutan suara, karena jika terjadi kesalahan, tertukarnya surat suara dari Dapil satu kedapil yang lainnya serta kekurangan logistik pemilu ini bisa menghambat proses pemberian hak suara oleh masyarakat, bahkan bisa jadi hilangnya kesempatan bagi masyarakat memberikan hak pilihnya.

"Panwaslih dalam pengawasan distribusi logistik pemilu ini dengan memastikan logistik ini tepat waktu, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat jenis, tepat kualitas dan efisien, sehingga pada hari pelaksanaan pemungutan suara tidak terkendala lagi dengan alasan tidak lengkapnya logistik pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Fokus kedua yang diawasi adalah pelaksanaan hari tenang, hari tenang dilarang melakukan kegiatan kampanye dalam bentuk dan metode apapun termasuk iklan media, serta larangan berkampanye pada masa tenang ini bukan hanya bagi peserta pemilu tapi juga bagi tim sukses, simpatisanpun dilarang melaksanakan kegiatan kampanye.

Lindawati menambahkan,"hal lain yang paling rentan adalah penyebaran money politik baik dalam bentuk uang tunai atau barang, guna mencegah terjadinya politik uang, jajaran pengawas pemilu hingga pengawas ditingkat kampung  lebih mengintensifkan kegiatan pengawasan dan juga akan dilaksanaan Patroli dilapangan, sebagaimana disampaikan oleh pimpinan Bawaslu Pusat",tegasnya.

"Untuk lebih memaksimalkan fungsi pengawasan, juga diupayakan mendorong mitra panwaslih seperti kelompok pemuda, komponen perempuan dan para Datok Penghulu (kepala desa) yang sebelumnya sudah berkomitmen ikut melaksanakan pengawasan partisipatif, untuk turut serta melaksanakan pengawasan dan melaporkan jika ada potensi dan dugaan pelanggaran",tegas Linda. (Dani 9)

Komentar Anda

Berita Terkini