MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Panwaslih Rakor Bersama Parpol Dalam Rangka Pengawasan Masa Tenang

HARIAN9 author photo
Aceh Tamiang lH9
Dalam rangka pengawasan masa tenang, Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Aceh Tamiang laksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Partai Politik (Parpol), kegiatan dilaksanakan di Hotel Morilisa Kecamatan Karang Baru. Jum'at (12/4/2019).

Lindawati, M.Pd Koordinator Divisi bidang pencegahan dan hubungan antar lembaga Panwaslih Aceh Tamiang mengatakan,"pada masa tenang, tidak boleh ada yang melakukan gerakan kampanye, juga Parpol harus melakukan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) dan ini perlu adanya kerjasama semua pihak",jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Adi Sartika Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tamiang menyampaikan,"ada 3 hari masa tenang sebelum hari pencoblosan yaitu 14, 15, 16 april 2019 seluruh peserta Pemilu tidak lagi mengadakan kegiatan kampanye dalam bentuk apapun, terutama APK harus dibersihkan oleh Parpol, namun kegiatan internal dapat terus dilanjutkan dan terkait lambang Parpol hanya boleh terpasang di sekretariat",terangnya.

"Tanggal 14 april 2019 merupakan hari terakhir pemberian undangan Pemilih kepada sekitar 195.970 orang dan pada 16 april 2019 merupakan hari pendistribusian seluruh kelengkapan Pemilu ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Adi Sartika juga menyampaikan,"ada 3 tahapan pada hari pencoblosan yaitu, pemungutan dimulai jam 07.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB, namun jika masih terjadi antrian dapat diteruskan, jika masih ada lagi pemilih yang datang, penyelenggara harus menghentikannya, sedangkan untuk pemilih yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), tapi membawa formulir C6 tetap dapat melakukan pencoblosan",tegasnya.

"Tahap penghitungan baru dapat dilakukan jam 13.00 WIB, dimulai dengan Pilpres, DPR RI, DPD, DPRA, DPRK.

"Penyalinan berkas C1 yang telah selesai dan jika diperbanyak dengan cara di photo copy, tapi berkasnya tetap harus ditandatangan basah serta di stempel, dan untuk para saksi agar mendokumentasikan C1, C7, C7 DPT, C7 DPTB, C7 DPK",ungkap Adi.

Pada kesempatan selanjutnya, M.Alkaf,M.Si Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Cot Kala Langsa, sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan," inti dari persoalan politik ditengah masyarakat adalah bagaimana memberikan pemaparan tentang pendidikan  yang baik pada mereka",terangnya.

"Parpol idealnya sebagai pengayom masyarakat tentang pengetahuan politik yang baik dan transparan, agar mereka tidak terjerat dalam politik hitam",tegas Alkaf. (Dani 9)


Komentar Anda

Berita Terkini