MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Perempuan Tangguh, Si Tukang Kue itu Caleg DPR RI

harian9.com author photo
Add caption
MEDAN| H9
Ada sesuatu yang unik dari sosok calon tokoh perempuan yang satu ini. Orangtuanya memberi nama lengkapnya Nahdatur Rahmah tapi dia akrab dipanggil 'Rini' oleh orang-orang sekitarnya. Kami menyebutnya perempuan tangguh si tukang kue yang lahir di Medan, 34 tahun yang lalu ini, tidak mengenal letih apa lagi lelah dalam berkreasi dan beraktifitas untuk keluarga dan masyarakat sekitarnya.   

Ditelisik ternyata sosok Rini ini saat masih remaja adalah seorang aktifis yang agresif. Ketika masih pelajar si Rini ini  aktif berorganisasi. Makanya sampai sekarang pun  tetap dia geluti beraktifitas ditengah masyarakat. Sehingga banyak temannya menilai Rini ini sosok low profil yang berwawasan dan punya banyak pengalaman menarik.        

Dikisahkan, Sejak berusia usia 12 tahun, Rini sudah  aktif berkiprah di organisasi Remaja Mesjid. Dimulai dari Remaja Mesjid Al Muhtadin yang tidak jauh dari rumah orangtuanya, diamanahkan sebagai Sekretaris.   

Ditengah perjalanannya sebagai sekretaris Remaja mesjid, dalam upaya menguatkan pengetahuan dan menambah wawasan kehidupannya dalam berorganisasi, Rini mengikuti kegiatan  pelatihan kepemimpinan atau Leadership dan Basic Training yang diselenggarakan Pelajar Islam Indonesia (PII). 

Pengatahuan Rini dan wawasannya berorganisasi semakin lues  setelah mengikuti kegiatan Pramuka dan Ikatan Remaja Muhammadiyah (IRM) di SMK Muhammadiyah 06 Medan. Saat itu Rini diamanahkan sebagai sekretaris IRM SMKM 6 Medan. 

Aktifitas Rini dimasa di IRM itu, dibawah bimbingan Ustadz Rafdinal, S.Sos., MAP saat ini sebagai calon Anggota DPRD Kota Medan dari PAN Dapil Medan IV No, urut 4, sangat terkesan bagi Rini si Nahdatur Rahmah ini. 

Kemudian aktifitas keorganisasian Rini berlanjut di Cabang Nasyiatul Aisyiyah Helvetia, begitu juga saat menjadi mahasiswa Fakultas Satra USU jurusan Bahasa Jepang.  Sejumlah aktifas keorganisasian yang digeluti Rini antara lain, Hinode B. Jepang USU tahun 2002 -2005,   Sekretaris SATRIA Scooter Club tahun 2010 -2012, Bikers Mitra POLRI  tahun 2010 -2012, Wakil Bendahara Ikatan Penata Busana Indonesia (IPBI Kartini) tahun 2016 s/d sekarang. Di Partai Politik sebagai Wakil Bendahara DPW PAN Sumut 2017 s/d sekarang. 

Kembali soal nama lengkapnya tadi yakni 'Nahdatur Rahmah', mungkin bisa diartikan dalam Bahasa Indonesia "Membakitkan Kasih Sayang." Banyak sahabatnya menyebutkan sikap dan tingkahnya sesuai dengan arti namanya itu. 

Nahdatur Rahma ini juga seorang  enterpreneurship muda yang memiliki banyak inovasi, dibidang kuliner. Bahkan bubur kesehatan yang selalu dibuat dan disajikannya dalam kegiatan senam pagi komunitas emak-emak tetap saja habis bahkan 'tamboh' (istilah orang Medan), begitu juga berbagai macam kue dan snack yang dibuatnyapun enak banget.

Selain itu ditengah kesibukannya Nahdatur Rahma ini menyempatkan waktu aktif sebagai tentor dari beberapa kelompok kaum ibu atau emak-emak  itu untuk mengajari masak kue.

Sekilas riwayat pekerjaan pemilik nama Nahdatur Rahma ini, di tahun 2oo8 - 2010 diamanahkan sebagai Sekretaris pada  PT. ICON Training Center. Kemudian tahun 2010-2012 sosok yang akrab dipanggil Rini ini beranjak sila sebagai Promotor Food di PT Focus Distribusi Nusantara merupakan pabrikan produk Tropical, Shinzui, Forvita, Active dll. 

Dia juga sempat diamanahkan sebagai sekretaris Direktur Utama PT. TSI  KIM 2  tahun 2012-2013.  Masih di PT. TSI  KIM 2  beberapa jabatan secara estafet diamanahkan kepada Rini antara lain, Asisten Personalia, Koordinator Koperasi Karyawan dan Koordinator Toba House Cemara Asri sampai pada tahun 2016.

Selain itu Rini juga sebagai Owner pada sebuah home Made yang didirikannya FaZha Cullinary & Snacks sejak tahun 2016 sampai sekarang. 

Begitu seabreg aktifitasnya diatas, dia merasa belum puas jika keinginannya  untuk menyalurkan keahliannya yang dimilikinya dibidang kuliner belum tercapai. Alhamdulillah  dapat terwujud, karena  menerima banyak pesanan kue dari berbagai kalangan. Maka berbagai macam kue itu dibuatnya sendiri, sesuai permintaan pemesan. Baik itu untuk diacara resepsi dan berbagai event komunitas dan lainnya. 

Pasca Resign  dari perusahaan exportir swasta tahun 2017 lalu, Nahdatur Rahmah. membuka warung sarapan pagi sampai makan siang, juga menjual kue selain untuk warungnya dia melakukan titip jual kesejumlah warung makan di Medan.    

Menjadi aktifitas rutin buat dirinya selama berjualan makanan yaitu,  pada sore atau malamnya dia ditemani suami dengan kendaraan sepeda motor belanja ke pasar terdekat. Sampai dirumah perempuan beranak dua orang putra ini Istirahat.

Selanjutnya si pekerja ulet ini memulai aktifitas pada pukul 3.30 Wib dini hari, guna masak untuk menu jualannya sarapan pagi.  Kemudian usai shalat subuh, setelah menyiapkan pakaian kerja suami dan pakaian anak sekolahnya, Rini pun berangkat dari rumahnya di Helvetia  untuk berjualan sarapan pagi disalah satu tempat di kawasan Medan Denai.

"Itu semua dilakukannya dangan hati ikhlas, tidak pernah mengeluh. Baginya tiada hari tanpa aktifitas. Hal itu berlangsung sampai September 2018," ungkap Syukri suaminya yang bertugas sebagai karyawan di salah satu perusahaan swasta di Medan.   

Sekalipun banyaknya aktifitas pekerjaan dan usaha yang dia geluti sampai saat ini, namun aktifitas berorganisasinya tetap dia ikuti, Sampai kemudian diminta oleh pimpinan partai sebagai calon legislatif untuk memenuhi kuota 30 persen perempuan. 

Bagi Rini setiap semua yang dilakukannya itu adalah "Tantangan dan akan menjadi Peluang" jika kita tetap berserah diri kepada Allah Yang Maha Pengatur Seluruh Alam," ucapnya. 

Subhanallah, sebulan pasca Rini ditetapkan sebagai Daftar Calon Tetap DPR RI dari Partai Amanat Nasional Daerah Pemilihan Sumatera Utara I, dia diminta oleh Direktur Utama PT TSI di KIM 1 Medan untuk kembali bekerja guna mengelola Divisi Human Resources Development (HRD).

Kini Nahdatur Rahmah  Perempuan Tangguh si tukang kue  sudah menjadi Calon Anggota DPR RI, daerah pemilihan Sumut 1 yang terdiri dari kota Tebing Tinggi, kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Deliserdang dan Kota Medan, dengan Nomor urut 6. Mengharapkan doa, dukungan masyarakat pemilih di Dapil Sumut 1 dengan mengajak Keluarga, Kerabat, Sahabat, Tetangga dan Teman bersama-sama  untuk memilihnya pada Pemilu 17 April 2019 ini. (01)    



Komentar Anda

Berita Terkini