MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Pihak Sekolah Beri Penghargaan Kepada Siswa yang Membawa Laptop saat UNBK

HARIAN9 author photo
MEDAN |H9
Belum adanya pemenuhan kebutuhan perangkat unit komputer untuk pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Medan. Hingga pihak sekolah membagi menjadi 3 jadwal dalam pelaksanaan UN. Begitupun pihak sekolah memberi penghargaan bagi siswa yang membawa laptop sendiri untuk melaksanakan ujian berbasis komputer tersebut.


Hal ini dilakukan oleh SMA Negeri 14 Medan, UN berbasis komputer ini sudah yang kedua kalinya digelar sekolah yang berada di Jalan Pelajar Gg Darmo Medan memberikan penghargaan pada siswanya berupa sertifikat.


“Kita beri penghargaan berupa sertifikat kepada anak-anak yang membantu kelancaraan UN dengan membawa laptop sendiri. Sama seperti tahun lalu dan itu diteken kepala sekolah Sofyan Purba,” tutur  Salamuddin Panitia UNBK 2019 di SMAN 14, di SMA Negeri 14 Medan, Senin (1/4/2019) Siang.


Ditambahkan Salamudin, bahwa di tahun ini sebanyak 286 jumlah peserta yang melaksanakan UN dengan jumlah 3 ruangan dan jadwal 3 sesi ujian.

“Tersedia 96 komputer dan 13 laptop yang dipinjam dari siswa. Kami harap mereka lulus semua. Apalagi bisa juga lulus di perguruan tinggi di Indonesia melalui jalur mandiri. Di sekolah ini sudah 15 siswa lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan tadi diinfokan ada 1 orang yang diterima UIN SU,” ucapnya.

Sementara di SMAN 13 Medan, sebanyak 529 siswa yang mengikuti UNBK dengan 3 sesi selama 4 hari. Kepala sekolah SMAN 13 Medan, Mukhlis menuturkan fasilitas sudah lengkap seperti komputer, stabilizer dan genset serta petugas PLN juga standby.

“Dari segi kapasitas juga tidak ada kendala. Siswa peserta UN jujur tidak ada yang terlambat. Ini sudah tahun ke 3 jadi pelaksanaan UN sudah terencana dengan benar. Saat ini siswanya yang masuk jalur undangan perguruan tinggi di Indonesia ada 59 siswa dan Universitas Sumatera Utara (USU) paling banyak,” ujarnya.


Sedangkan di SMAN 5 Medan sebanyak 580 siswa mengikuti UNBK hari ini. Jurusan IPA 455 siswa dan IPS 225 siswa dsn dinyatakan hadir semua. Kepsek SMAN 5 Medan, Harris H Simamora mengatakan untuk server jaringan juga listrik tidak ada kendala. 


“Kami hanya terkendala dari sarana prasarana seperti komputer sehingga untuk pengadaan komputer hingga menyewa dari luar sebanyak 50 unit. Saat ini kita hanya memiliki 190 unit saja,” jelasnya.

Harris menyebutkan, ia tidak menargetkan kelulusan tetapi ia menargetkan siswanya harus lulus perguruan tinggi negeri yang bonafit. Adapun jumlah siswanya yang lulus jalur undangan berjumlah 59 siswa. 


"Sekarang jalur undangan ini 40 persen dari keseluruhan siswa, setelah diseleksi ternyata masuk 30 persen. Semoga ujian perguruan tinggi di jalur mandiri nanti akan lebih banyak lagi yang lulus,” imbuhnya.


Begitu juga di SMAN 2 Medan, proses ujian nasional di hari pertama untuk tingkat SMA sederajat berlangsung aman dan tidak ada gangguan. Namun ada siswa yang dijemput oleh pihak sekolah karena terlambat bangun dan dijemput oleh salah satu guru SMAN 2 langsung.


“Kita berusaha agar siswa kita seluruhnya mengikuti UN ini tanpa ada alasan apapun. Hari ini ada 642 siswa dan kami berharap UN tahun ini sukses,” pungkas Buang Agus, Kepsek SMAN 2 Medan. (Jae9)

Komentar Anda

Berita Terkini