MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Polres Padangsidimpuan Siap Amankan Pemilu 2019

harian9.com author photo

PADANGSIDIMPUAN| H9
Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Padangsidimpuan AKBP. Hilman Wijaya, SIK.,MH menyatakan, jajarannya dibantu institusi lainnya yakni TNI dan Brimob, telah siap untuk melakukan pengawasan proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, mulai tahapan awal hingga akhir agar berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Hal tersebut disampaikan AKBP. Hilman Wijaya, SIK,.MH, di sela-sela menyaksikan peragaan dan simulasi Sistim  Pengamanan (Sispam) Kota Operasi Mantab Brata 2019 dalam rangka Pengamanan (PAM) Pemilu serentak yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) di Kota Padangsidimpuan, bertempat di stadion HM.Nurdin Kota Padangsidimpuan, Sabtu (30/3).

“Kami siap melakukan pengamanan. mulai tahap awal, kampanye, masa tenang, pemungutan suara hingga perhitungan suara,“ terang Kapolres yang juga dihadiri Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH dan Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH.

Kapolres menambahkan, ada beberapa hal yang kemungkinan bisa menimbulkan kerawanan khususnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang kini telah diiventarisir dan dipetakan, sehingga nantinya tidak menjadi hambatan pada saat berlangsungnya pesta demokrasi Pemilu 2019.

“Pengamanan ini kan bukan hanya jadi tugas kepolisian, namun menjadi tugas bersama kita aparat dan masyarakat dan simulasi yang kita laksanakan ini selain menjadi tahapan tersendiri bagi institusi Polri, juga untuk mengetahui sudah sampai dimana kesiapan dan pola pengamanan yang dilakukan jajarannya serta cara-cara antisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat Pemilu nanti,“ jelasnya.

Sementara itu Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution,SH mengapresiasi kegiatan simulasi PAM Pemilu 2019 ang dilakukan Polres Padangsidimpuan dan ini bukti keseriuasan jajaran kepolisian dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu serentak 2019 di Kota Padangsidimpuan agar berjalan aman, lancar dan kondusif.

Irsan juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga ketertiban dan dapat membantu Polri dalam mencimtakan suasana kondusif jelang Pemilu serta turut serta mensukseskan Pemilu 2019 di Kota Padangsidimpuan.

“Setelah kita saksikan peragaan simulasi tadi, saya menilai, jajaran Polres Padangsidimpuan telah siap, bahkan paling siap dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu serentak di Kota Padangsidimpuan, baik itu segi pengamanan, personil, dll dan semua ini telah mendapat dukungan positif  dari semua pihak,“ terang Irsan.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH, bahwa masyarakat Kota Padangsidimpuan menginginkan pelaksanaan Pemilu di Kota Padangsidimpuan berjalan kondusif.

“Saya mengharapkan dukungan semua pihak sehingga Pemilu serentak di Kota Padangsidimpuan dapat berjalan dengan aman, lancer dan kondusif. Mari dukseskan Pemilu 2019 dan kita dukung Polri dalam menciptakan suasana yang nyaman di Kota Padangsidimpuan,“ tandas Taty.

Sebelumnya, peragaan dan simulasi Sispam Kota Operasi Mantab Brata 2019 dalam rangka PAM Pemilu 2019  Peragaan yang ditampilkan personil Polres Padangsidimpuan dan di back up personil Brimobdasu da TNI itu terdiri dari 4 adegan, yang intinya bagaimana cara melakukan tindakan persuasive dan preventif dalam mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019

Dalam simulasi tersebut, juga digambarkan scenario bagaimana aparat kepolisian melakukan pengamanan saat terjadinya permasalahan di TPS, pengamanan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat terjadi permasalahan pada perhitungan suara, pengamanan saat terjadi penghadangan dan perampasan hasil surat suara oleh sekelompok masyarakat hingga terjadi kekacauan.

Untuk pengamanan kantor KPU, pleton Pengendali Massa (Ton Dalmas) awal langsung diturunkan ke lokasi kerusuhan untuk dapat menghalangi massa namun karena massa semakin emosi, Polri melakukan pengamanan lapis ganti oleh Kompi Pengendali Huru Hara (PHH) Brimob untuk dapat membubarkan massa namun tidak berhasil sehingga Polri harus menembakkan water canon dan pleton penembak Brimob, hingga akhirnya massa membubarkan diri dan situasi dapat dikendalikan sehingga situasi kembali kondusif.

“Dengan simulasi ini, menunjukkan bahwa kami dari Polri telah siap mengamankan Pemilu 2019 dan saya yakin masyarakat Kota Padangsidimpuan semua rukun-rukun, semoga tidak ada kerusuhan saat Pemilu nantinya,“ terang AKBP Hilman. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

Aparat kepolisian mengamankan seorang provokator pada adegan simulasi Sispan Kota Operasi Mantab Brata 2019 dalam rangka Pengamanan (PAM) Pemilu serentak 2019 di stadion HM.Nurdin Kota Padangsidimpuan, Sabtu (30/3). (Foto: Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini