LARISPA


MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT# DIJUAL SEBIDANG TANAH DI DISKI KECAMATANG SUNGGAL KABUPATEN DELISERDANG, UKURAN 12M x 18M, SK CAMAT HARGA Rp. 100JUTA, BERMINAT HUBUNGI 081370413190 (WAK SU)

Realisasi APBN Hingga Maret 2019 Aman

harian9 author photo

JAKARTA| H9
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo beserta Pejabat Eselon I Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengadakan konferensi pers terkait APBN KiTa (Kinerja dan Fakta) yaitu realisasi penggunaan APBN sampai dengan 31 Maret 2019. Wamenkeu mengatakan walaupun World Economic Outlook kembali menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi global, namun Indonesia masih diperkirakan dapat tumbuh 5,2 persen.

"Secara umum pelaksanaan APBN sampai dengan 31 Maret 2019 masih aman. Penerimaan Negara tumbuh sebesar 5 persen sebagai dampak kebijakan percepatan restitusi pajak untuk memberikan stimulus terhadap ekonomi," ujarnya di aula Djuanda, gedung Juanda I pada Senin (22/04).

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan penyerapan belanja negara akhir Maret 2019 semakin baik dengan pertumbuhan 7,7 persen, lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar 4,9 persen. Realisasi defisit APBN dan keseimbangan primer masih terkendali, masing-masing mencapai 0,63 persen dari PDB dan sebesar negatif (-) Rp.31,4 triliun. 

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (Dirjen DJPPR) menjelaskan pendapatan negara dan hibah tercatat sebesar Rp.350,1 triliun atau mencapai 16,2 persen dari target APBN. Inflasi tercatat terjadi sebesar 0,11 persen dan nilai kurs rupiah masih terjaga di Rp.14.140.

"Posisi utang masih pada level aman di 30,1 persen dari PDB," tambahnya.

Pemerintah berkomitmen untuk terus mengelola keuangan negara dengan hati-hati, terukur, dan transparan. APBN yang kredibel diharapkan mampu mempertahankan momentum pertumbuhan, termasuk dalam mengantisipasi kondisi perekonomian global yang masih diliputi perlambatan dan ketidakpastian. (kemenkeu/03)
Editor: Mardan H Siregar 

(Foto: kemenkeu)

Komentar Anda

Berita Terkini