MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Tingkatkan Pemahaman HAM, Pemkab Tapsel Gelar Sosialisasi

HARIAN9 author photo
TAPSEL |H9
Untuk meningkatkan pemahaman Hak Asasi Manusia (HAM), Pemerintah Kabupaten (Pemkan) Tapanuli Selatan (Tapsel),  melalui Bagian Hukum Setdakab Tapsel melaksanakan Sosialisasi Rencana Aksi Nasional Hak Azasi Manusia (RANHAM) Tahun 2019 selama 2 hari di Hotel Sitamiang Jalan Raja Inal Siregar Padangsidimpuan, Kamis-Jum,at (11-12/4).

Sosialisasi Ranham diikuti lebih kurang 80 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Tapsel, dibuka Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, serta menghadirkan narasumber 2 orang dari Kanwil HAM Sumut yakni Kepala Bidang HAM Jonson Siagian, SH,MH dan Kepala Sub Bidang Pemajuan HAM Desni Prianty EFF, SH,M.Hum.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasribu diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM dalam sambutannya mengapresiasi peran aktif PemkabTapsel dalam mensosialisasikan Rencana Aksi Nasional HAM. Oleh karena itu sosialisasi ini agar diikuti dengan baik oleh para peserta sosialisasi dari awal hingga akhir.

“Dengan sosialisasi ini, diharapkan ASN di lingkungan Pemkab Tapsel dapat menginformasikan kepada masyarakat serta semua pihak agar bisa meningkatkan pemahaman atau wawasan tentang HAM dimana sifat dari HAM tersebut adalah universal, “ ujar Parulian.

Dikatakannya, hak-hak kebutuhan dasar seperti sandang, pangan dan papan diantaranya kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, kependudukan, rumah layak tinggal,  beragama, berpolitik, ekonomi dan pekerjaan dan lainnya akan dapat mewujudkan penghormatan, pemenuhan, hak-hak dasar manusia tersebut.

“ Oleh karena itu jadilah kita Pejuang HAM khususnya di Tapsel. Apalagi Tapsel juga sudah mendapat penghargaan atas keberhasilan dalam mengelola HAM di Kabupaten Tapsel dari Menteri Kemenkumham, “ tuturnya.

Ketua Pelaksana kegiatan M.Said, SH yang juga menjabat sebagai Plt. Kabag Hukum Pemkab Tapsel, dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan Sosialisasi ini adalah untuk menyebarluaskan Informasi dalam meningkatkan pemahaman HAM sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2015-2019. (Wan9)

Komentar Anda

Berita Terkini