MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Truk Bermuatan Alat Berat Tabrak Pohon, 1 Tewas, 1 Luka Berat

HARIAN9 author photo
TAPSEL |H9
Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Umum KM 11-12 Jurusan Sipirok dengan Tapanuli Utara (Taput), tepatnya di Dusun Bulu Payung Desa Luat Lombang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), mengakibatkan seorang meninggal dunia dan seorang lagi mengalami luka berat, Selasa (2/4) sekira pukul 23.30 Wib.

Truk jenis Mitusbishi tronton No Pol BK 8217 XT yang mengangkut alat berat escavator tersebut menabrak pohon mangga di pinggir jalan diduga truk mengalami rem blong, sehingga sopir gagal menguasai kendali jalan yang menikung dan menurunm sehingga kepala truk ringsek akibat menghantam dasar jurang sementara supir truk Muhammad Safii (48) warga Desa Purwodadi Kecamatan Batu Lapan Kabupaten Deli Serdang meninggal dunia di tempat dan seorang penumpang truk Sugianto (32) warga Kampung Slamat, Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang mengalami luka berat.

Informasi yang dihimpun, truk No Pol BK. 8217 XT yang mengangkut escavator yang beratnya mencapai puluhan ton itu tengah dalam perjalanan dari Sipirok Kabupaten Tapsel menuju Medan Medan.

Sesampainya di lokasi kejadian sekira pukul 23.30 Wib, truk yang melintas di ruas jalan menurun dan banyak tingungan tajam tiba-tiba tidak terkendali karena diduga truk mengalami rem blong, sehingga tidak terkendalikan oleh sopir.

Karena laju kenderaan yang cukup kencang, mengakibatkan truk oleng ke kiri dan menghantam pembatas jalan dan tanpa ampun truk menghantam pohon mangga yang berada diluar beram jalan sebelah kiri arah Taput hingga mengalami ringsek, menyebabkan supir truk meninggal dunia dan seorang penumpang truk mengalami luka berat.

Atas kejadian itu kontan mengagetkan warga sekitar. Warga pun segera berdatangan untuk memberi pertolongan dan beberapa warga juga menghubungi Satlantas Polres Polsek Sipirok untuk segera mengevakuasi korban yang terjepit di dalam truk.

Sopir truk yang meninggal dunia baru dapat dievakuasi sekitar satu setelah kejadian. Itupun melibatkan puluhahn warga masyarakat dan personil Sat Lantas berupaya untuk menggeser sedikit posisi truk yang menabrak pohon agar korban dapat di keluarkan dari dalam truk. Setelah berhasil di evakuasi, ke dua korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padangsidimpuan.

Upaya evakuasi sempat membuat arus lalulintas di jalan utama Sipirok-Taput sempat mengalami kemacetan dan untuk mengantisipasinya, petugas terpaksa memberlakukan pengaturan lalu lintas dan kendaraan yang melintas harus bergantian.

Adanya kemacetan juga diungkapkan saksi mata masing-masing Legiadi (56) warga Desa Bangun Sari, Tanjung Morawa, Lubuk Pakam dan Madi Siregar (29) warga Dusun Bulu Payung Desa Luat Lombang Kecamatan Sipirok Fahmi warga Padangsidimpuan.

“ Kemacetan sempat terjadi, karena disamping aktivitas evakuasi truk, juga banyak orang yang menonton di lokasi kecelakaan, sehingga sejumlah kendaraan berupaya mencari jalan lain karena kemacetan, “ ungkap mereka.

Kapolres Tapsel AKBP. Irwa Zaini Adib, SIK melalui Kasat Lantas AKP. Muri Yasnal, SH, Sabtu (6/4), membenarkan kejadian laka lantas tunggal tersebut. Truk menabrak pohon di tepi jalan, menyebabkan sopir meninggal dunia dan seorang penumpang truk luka berat.

“ Penyebab kecelakaan tunggal tersebut masih dalam penyelidikan Sat Lantas Polres Tapsel. namun dugaan sementara kecelakaan terjadi akibat truk mengalami kerusakan rem, “ terang Kasat Lanta. (Wan9).

Komentar Anda

Berita Terkini