MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

UNBK di SMAN 4 Medan Terganggu Akibat Server Terkena Virus

HARIAN9 author photo
MEDAN I H9
Pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Senin (1/4/2019) di SMAN 4 Medan,  berlangsung tidak lancar. Server  yang digunakan terkena virus, sehingga banyak siswa yang gagal UNBK, kemarin.

Selasa (2/4/2019) 535 orang siswa SMAN 4 dapat ujian kembali dengan lancar tanpa halangan. Virus cloud berjenis trozen, demikian kata Duta ahli IT dari Dinas Pendidikan Sumut yang sengaja datang untuk menjaga “kesembuhan” server di SMAN 4, telah KO.

“Sampai saat ini tak ada masalah lagi,” katanya.

Akibat kerusakan server karena virus cloud itu, Kepala Sekolah SMAN 4 Medan Drs. Ramli menjadi repot, karena harus menerima tamu terus menerus. Dari pagi, Pak Ramli demikian panggilannya sudah didatangi TVRI Medan, tak lama kemudian Kompas TV.

Masih di waktu yang sama, datang perwakilan Ombusman Sumut, lagi -lagi Pak Ramli harus menjawab setiap pertanyaan Ombusman. Untung ada pihak Disdiksu yang membantu memberi keterangan apa sebenarnya yang terjadi.

Ombusman Cabang Sumut sudah kelar, datang lagi media elektronik dari CNN dan Trans TV. Ampun repotnya Pak Ramli hari ini. Apakah ada lagi tamu Pak Ramli, setelah kami wartawan unit Disdiksu pergi? Mungkin saja, sabar ya pak.

Pantas saja, Kepala Sekolah SMAN 12 Drs. Jasmen Tampubolon sempat sport jantung, ketika mendapat laporan dari proktornya, komputer ada sedikit masalah. Hingga dia benar-benar konsentrasi dan tak mau diganggu siapa pun.


Kepala Sekolah SMA 12 Jasmen Tampubolon
Ketika benar-benar dinyatakan tak ada masalah semua jaringan dapat berjalan lancar, baru Jasmen Tampubolon bersedia menerima tamunya. 

“Maaf, saya tak dapat menemui kalian tadi, ada sedikit masalah. Kalau tak segera cepat diselesaikan bisa menjadi masalah. Ini saja masalah kita nantinya,” katanya menjawab pertanyaan wartawan yang berkunjung ke sekolahnya.

Jadi sebanyak 346 siswa kelas III SMAN 12 Medan dapat UNBK dengan lancar, meski ada 1 siswi yang tak bisa mengikuti  UN karena harus di opname di rumah sakit karena menderita sakit paru- paru.

“Jika sembuh, Senin depan dia akan ujian susulan,” jelas Jasmen .

Tak berbeda dengan siswa SMAN 4 Medan, ada 1 siswi juga yang batal ujian pada sesi 1 kemarin, akan ujian susulan, Senin depan.(Jae9)

Komentar Anda

Berita Terkini