MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Adi Sartika: Surat Pemberhentian M.Saman Sebagai Da'i Telah Dilampirkan

harian9.com author photo

ACEH TAMIANG| H9
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Aceh Tamiang telah menggelar sidang Pelapor terhadap Terlapor M. Saman Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS)pada Rabu (15/5/2019), dengan agenda mendengarkan kesaksian para saksi Syarifuddin dari Kampung Perkebunan Alur Jambu Kecamatan Bandar Pusaka, Abdul Gani warga Kampung Batang Ara Kecamatan Bandar Pusaka, Jamaluddin masyarakat Kampung Aras Sembilan Kecamatan Bandar Pusaka. Perkara tersebut bergulir berdasarkan laporan dugaan tertib administrasi dilaporkan oleh Rusdi sebagai Pelapor yang didampingi oleh penasehat hukumnya Railawati, SH,  sedangkan Muhammad Saman bersama Penasehat hukumnya Dody Chandra, SH.MH berada diposisi sebagai Terlapor.

Mengetahui lebih lanjut tentang M. Saman, para Wartawan menemui Adi Sartika Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang diruang kerjanya, yang membawahi bidang pendaftaran Caleg mengatakan,"semua syarat administrasi sebagai Calon Legislatif (Caleg) sudah lengkap, termasuk surat pemberhentian sebagai Da'i juga telah dilampirkan," jelasnya. Kamis (16/5/2019)

"Pada form BB2 M.Saman dalam status pekerjaannya sebagai wiraswasta, ini sesuai dengan Kartu Tanda Penduduknya (KTP), namun karena pada dirinya terkait dengan Da'i Kecamatan, maka dilampirkannya semua surat yang berhubungan dengan pemberhentian sebagai Da'i dan yang jelas sudah tidak ada persoalan lagi," tegas Adi.

Ditambahkannya, pada peraturan KPU nomor 5 tahun 2019 ada beberapa hal yang menggagalkan Caleg untuk dilantik, diantaranya meninggal dunia, mengundurkan diri, dikeluarkan dari Partai, dan tersandung tindak pidana.

"Untuk persoalan M. Saman, KIP akan menunggu rekomendasi dari Bawaslu Aceh Tamiang, tapi nantinya akan dianalisa kembali," jelas Adi Sartika. (Dani 9)
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: Amnur Dani)


Komentar Anda

Berita Terkini