MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Babinsa Pontang Kodim 0824/Jember Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Bantu Pembuatan Jamban

harian9 author photo

JEMBER| H9
Tugas Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam penyelenggaraan Pembinaan Teritorial (Binter) ditingkat desa, menghadapi berbagai permasalahan masyarakat, termasuk kesehatan masyarakat serta kebiasaan masyarakat yang sebagian masih belum menggunakan jamban dalam buang air besar, seperti diwilayah Desa Pontang Kec Ambulu Kab Jember, sehingga Babinsa Kodim 0824/Jember turut membantu membuatkan Jamban Keluarga.

Menurut Babinsa Sertu Hendrik Pujianto pada Jum’at (24/05/2019) Pukul 09.00 WIB, di desa binaannya yaitu Desa  Pontang  masih ada warga masyarakat yang bermukim di sepanjang hilir sungai, masih memanfaatkan aliran sungai untuk  buang air besar (BAB), sehingga kurang sehat dan cenderung rentan terhadap mewabahnya suatu penyakit.

Dengan kemampuan yang ada kita membantu pembuatan jamban untuk  6 KK pada semester I tahun anggaran 2019 ini, dan kali ini kita sedang mengerjakan jamban keluarga  Sutris  warga Dusun Krajan  RT 04 RW 01 Desa Pontang,  kerja bakti bersama 4 orang warga masyarakat sekitar  rumahnya Sutris.   

Komandan Koramil 0824/24 Ambulu Kapten Arm Anton Hermawan membenarkan adanya kegiatan Babinsa jajarannya tersebut sebagai bagian dari Tugas Binter, yang harus dilaksanakan sesuai dengan Program  Komando Atas, sekaligus dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat diwilayah desa Binaannya.

Sedangkan Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar, terlait dengan bantuan pembuatan jamban keluarga tersebut menyampaikan bahwa hal terebut sebagai bagian dari kepedulian kita aparat komando kewilayahan sebagai bagian dari TNI yang peduli terhadap kesehatan masyarakat.

Dalam setiap semester kita ada program pembangunan jamban keluarga tersebut, kerena memang masing ada sebagian masyarakat yang tidak memiliki jamban, dan buang BAB nya memanfaatkan sungai besar/kecil yang ada disekitar tempat tinggalnya, hal tersebut tentunya sangat membahayakan bagi kesehatan dirinya dan masyarakat sekitarnya, bahkan banyak warga yang hanyut  saat BAB di sungai.

"Hal inilah yang menginspirasi bantuan pembuatan jamban melalui Babinsa tersebut, sesuai motto Bersama Rakyat TNI Kuat, sehingga kita TNI harus meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat agar pertahanan negara semakin kuat," pungkas Komandan Kodim 0824/Jember. (Siswandi)
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: Siswandi) 



Komentar Anda

Berita Terkini