MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Babinsa Tegalgede Kodim 0824/Jember Pendampingan Pemupukan Padi

harian9 author photo

JEMBER| H9
Pelaksanaan Pendampingan Pertanian yang menjadi salah satu tugas Bintara Pembina Desa (Babinsa) meskipun memasuki suasana puasa Ramadhan tetap berjalan, seperti yang dilakukan di wilayah Kodim 0824/Jember.

Sertu Hemat Tarigan adalah Babinsa Kelurahan Tegalgede Koramil 0824/11 Sumbersari Kodim 0824/Jember, dalam kegiatannya pada Selasa (14/05/2019) bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Pertanian Diah W, melaksanakan pendampingan pertanian di lahan seluas 1 hektar milik H Holifah yang tergabung dalam kelompok tani Rukun Makmur Kelurahan Tegalgede Kec Sumbersari Kab Jember, yang sedang melaksanakan pemupukan tanaman padi.

"Tanaman padi yang masih berusia sekitar 10 hari tersebut memang sudah semestinya mendapatkan asupan pupuk, guna menjaga kualitas pertumbuhan padi, yang tentu saja harus menyesuaikan jenis pupuk yang harus diberikan serta dosisnya harus tepat," kata Diah W didampingi oleh Sertu Hemat Tarigan.   

Komandan Koramil 0824/11 Sumbersari Kapten Cba Sardi terkait kegiatan yang dilakukan anggotanya tersebut saat dikonfirmasi menyampaikan,  bahwa pendampingan pertanian merupakan bagian tugas dari Babinsa dalam mendukung program ketahanan pangan nasional, melalui upaya khusus (upsus) oleh Babinsa bersama PPL.

Sementara itu Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar saat kami temui menyampaikan bahwa diantara kompleksitas tugas Babinsa, terdapat tugas pendampingan sebagai implementasi kesepakatan bersama antara TNI AD dengan kementrian Pertanian RI, dalam rangka meningkatkan produksi pertanian guna mewujudkan swa sembada pangan nasional.

Selaku Komandan Kodim 0824/Jember saya telah memerintahkan kepada seluruh Koramil jajaran melalui Babinsa, agar selalu melaksanakan pendampingan pertanian secara sungguh-sungguh, karena Kabupaten Jember merupakan daerah lumbung padi, yang menjadi salah satu pemasok pangan terbesar bagi Propinsi Jawa Timur, sehingga diharapkan mampu menjaga dan memantapkan produksi pertaniannya. (Siswandi)
Editor: Mardan H Siregar

 (Foto: Siswandi)



Komentar Anda

Berita Terkini